-->

Retno Marsudi Suarakan Dukungan untuk Palestina pada Peringatan Hari HAM PBB


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi kembali menyuarakan dukungan terhadap Palestina di Markas Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss. Kali ini, dia menyampaikan dukungannya dalam acara peringatan ke-75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) pada Senin, 11 Desember 2023.

DUHAM dirancang oleh perwakilan dari berbagai negara dan diproklamasikan oleh Majelis Umum PBB di Paris, Prancis pada 10 Desember 1948. Peringatan deklarasi ini juga dikenal sebagai Hari HAM Sedunia, yang bertepatan dengan 30 tahun berdirinya Kantor Komisaris Tinggi HAM PBB. Acara peringatan di Jenewa tahun ini berlangsung sampai Selasa, 12 Desember 2023, dihadiri oleh sekitar 16 kepala negara atau pemerintahan dan 20 pejabat setingkat menteri.

Dalam pidatonya, Retno menyampaikan komitmen Indonesia dalam bidang HAM dalam empat poin. Solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina menjadi poin pertama. “Sebagai calon terpilih anggota Dewan HAM PBB, Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat solidaritas politik dan dukungan kemanusiaan terhadap Palestina, termasuk dengan meningkatkan kontribusi ke UNRWA sebesar tiga kali lipat,” kata dia, mengacu pada badan PBB untuk pengungsi Palestina.

Indonesia kembali terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk keenam kalinya pada 10 Oktober 2023. Pada pemilihan di Markas Besar PBB, New York, yang diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Pahala Mansury, Indonesia terpilih untuk periode 2023 – 2026 dengan perolehan suara 186 dari 192 negara yang hadir.

Komitmen kedua Indonesia adalah untuk melanjutkan proses ratifikasi Konvensi Internasional untuk Pelindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa. “Jika konvensi tersebut telah diratifikasi, berarti Indonesia telah meratifikasi semua instrumen inti HAM internasional,” ujar Retno. Indonesia sejauh ini telah meratifikasi delapan dari sembilan instrumen inti HAM.

Ketiga, Indonesia berkomitmen melindungi dan menghormati hak penyandang disabilitas, termasuk dengan memperkuat peran Komisi Nasional Disabilitas (KND). Komisi tersebut merupakan lembaga yang dibentuk pemerintah pada 2020 untuk memastikan terlaksananya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Indonesia.

Keempat, Retno menyampaikan komitmen Indonesia dalam mengimplementasikan Strategi Nasional (Stranas) Bisnis dan HAM. Strategi tersebut diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2023 sebagai pedoman bagi pelaku usaha untuk ikut serta dalam penghormatan HAM pada sektor bisnis.

Selain komitmen nasional, menteri luar negeri juga menyampaikan komitmen negara-negara anggota ASEAN dan Timor-Leste untuk memperkuat kerja sama HAM di kawasan. “Kami berkomitmen untuk memperkuat kerja sama regional di bidang HAM, termasuk melalui implementasi ASEAN Leaders’ Declaration on the ASEAN Human Rights Dialogue yang diadopsi pada KTT ASEAN ke-43,” ujarnya, membacakan pernyataan ASEAN.

Isi deklarasi tersebut antara lain mendorong dialog terbuka menyangkut isu HAM di ASEAN, meningkatkan kerja sama antara anggota ASEAN dalam bidang HAM, menyelenggarakan Dialog Hak Asasi Manusia ASEAN secara rutin, dan mendukung Komisi Hak-Hak Asasi Manusia Antarnegara ASEAN (AICHR) dalam menjalankan mandatnya.

Setelah peringatan acara Hari HAM, Retno akan berbicara pada acara tingkat tinggi mengenai situasi HAM di Palestina pada Selasa, 12 Desember 2023 dan menyampaikan pernyataan pada Global Refugees Forum keesokan harinya pada Rabu, 13 Desember 2023. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel