-->

Jerman Minta Militer Israel Cegah Penderitaan Warga Sipil Palestina


BERLIN, LELEMUKU.COM - Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock pada Senin, 11 Desember 2023 mengutarakan harapan kalau Israel mau menyesuaikan strategi militernya guna mencegah penderitaan warga sipil Palestina. Ucapan ini menandakan sikap Jerman yang lebih kritis terhadap Israel sebagai sekutunya.

Sebelumnya, Jerman gigih mendukung hak Israel untuk membela diri terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan sekitar 1.147 orang menurut penghitungan resmi yang telah direvisi Israel.
 
Negeri Bintang Daud tersebut menggarisbawahi kewajibannya untuk berada di sisi Israel sebagai penebusan atas tindakan mereka terhadap Holokaus, genosida terhadap orang-orang Yahudi di Eropa selama Perang Dunia II oleh Nazi Jerman, yang menewaskan enam juta orang Yahudi.
 
Serangan Israel di Gaza telah menewaskan sedikitnya 18 ribu warga Palestina dan menjadikan 49.500 lainnya korban luka-luka sejak 7 Oktober hingga membuat para ahli di PBB memperingatkan potensi terjadinya genosida di wilayah kantong tersebut.
 
Pemerintah Jerman telah menghadapi tuduhan – termasuk dari warga Yahudi di Jerman – karena membiarkan rasa bersalah masa lalu membayangi respons mereka terhadap pembalasan Israel, yang telah menyebabkan krisis kemanusiaan di Gaza.
 
Para pejabat pemerintah Jerman menekankan Israel perlu mematuhi hukum internasional dalam menanggapi serangan Hamas, namun sebagian besar menghindari kritik langsung atas tindakan mereka di wilayah Palestina yang diduduki. Hal ini berubah selama sepekan terakhir dengan pernyataan dari Baerbock, yang biasanya vokal membela Israel di forum internasional.

“Kami berharap Israel… mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan, terutama di wilayah utara, untuk memastikan tindakan militernya lebih tepat sasaran dan menyebabkan lebih sedikit korban sipil,” kata Baerbock pada konferensi pers di Dubai, Uni Emirat Arab di sela-sela konferensi iklim PBB atau COP28.
 
Sementara Kanselir Jerman Olaf Scholz, yang menyalakan lilin pertama di menorah raksasa Berlin untuk hari raya Yahudi Hanukkah pekan lalu sebagai solidaritas terhadap orang-orang Yahudi, masih kurang blak-blakan dalam mengkritik Israel. Meski demikian, Scholz semakin menyerukan kepada Israel untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza dan mengecam kekerasan yang dilakukan pemukim Yahudi di Tepi Barat, termasuk dalam pembicaraan telepon pada Sabtu, 9 Desember 2023 dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
 
Sebelumnya pada pekan lalu, Kementerian Luar Negeri Jerman mengatakan menyambut baik penerapan sanksi Amerika Serikat terhadap sejumlah pemukim Israel atas serangan terhadap warga Palestina di Tepi Barat. Jerman pun menyerukan Uni Eropa untuk mempertimbangkan sanksi serupa. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel