-->

AS Prihatin Israel Gunakan Amunisi Fosfor Putih di Lebanon Selatan


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Amerika Serikat menyatakan prihatin atas laporan Israel menggunakan amunisi fosfor putih yang dipasok AS dalam serangan bulan Oktober di Lebanon selatan, kata juru bicara Gedung Putih John Kirby pada hari Senin.

"Kami akan mengajukan pertanyaan untuk mencoba mempelajari lebih lanjut,” kata Kirby kepada wartawan di pesawat kepresidenan Air Force One, Senin, 11 Desember 2023.

Kirby mengatakan fosfor putih memiliki "kegunaan militer yang sah" untuk penerangan dan menghasilkan asap untuk menyembunyikan pergerakan.

"Tentu saja setiap kali kami memberikan barang-barang seperti fosfor putih kepada militer lain, kami berharap sepenuhnya bahwa barang-barang tersebut akan digunakan sesuai dengan tujuan yang sah... dan sesuai dengan hukum konflik bersenjata," katanya.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, ketika ditanya tentang laporan bahwa Israel menggunakan fosfor putih di Lebanon, mengatakan: "IDF dan seluruh lembaga keamanan bertindak sesuai dengan hukum internasional. Begitulah cara kami bertindak dan bagaimana kami akan bertindak."

Amunisi fosfor putih adalah senjata yang menggunakan salah satu alotrop umum dari unsur kimia fosfor. Fosfor putih digunakan untuk menimbulkan asap, penerangan, dan amunisi pembakar, dan biasanya merupakan elemen pembakaran amunisi pelacak.

Fosfor putih bersifat piroforik (tersulut jika terkena udara); terbakar habis; dan dapat menyulut kain, bahan bakar, amunisi, dan bahan mudah terbakar lainnya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel