-->

China Kirim Han Zheng ke Sidang Tahunan MU PBB


BEIJING, LELEMUKU.COM - China mengirim Wakil Presiden Han Zheng ke sidang tahunan Majelis Umum PBB, kata Kementerian Luar Negeri China pada hari Jumat (15/9). Pengumuman itu mengindikasikan bahwa diplomat paling tinggi negara itu, Wang Yi, tidak akan hadir.

Pertemuan para pemimpin dunia tahun ini di markas besar PBB di New York akan dimulai pada hari Senin dengan KTT Pembangunan Keberlanjutan. Sidang umum yang berlangsung sepekan itu sendiri mulai berlangsung Selasa.

Presiden China Xi Jinping tidak peranh menghadiri Sidang Umum PBB secara langsung selama beberapa tahun. Ia hanya sempat berpartisipasi melalui konferensi video selama dua tahun pertama pandemi virus corona.

Wang Yi hadir tahun lalu dan secara umum mewakili China di PBB. Wang adalah ketua komite urusan luar negeri Partai Komunis China. Ia tidak disebutkan dalam pengumuman kementerian itu.

Zheng adalah mantan anggota Komite Tetap Politbiro, sebuah kelompok elit pemimpin partai. Ia pensiun dari posisi itu tetapi mengambil posisi wakil presiden pada bulan Maret.

Karier politik Zheng yang berkelanjutan sejajar dengan Wang Qishan, yang memainkan peran berpengaruh dalam beberapa tahun terakhir dalam menangani ketegangan hubungan AS-China. Wang memimpin badan disiplin Partai Komunis dan menjadi anggota Komite Tetap Politbiro. Ia pensiun pada akhir tahun 2017, namun diangkat kembali menjadi wakil presiden pada tahun 2018.

Ketidakhadiran pemimpin tertinggi Beijing di Majelis Umum mungkin tidak terlalu mencolok karena Xi juga tidak menghadiri KTT G20 yang berlangsung di India awal bulan ini.

Sementara itu, Pemerintah Inggris mengumumkan pada bulan Agustus bahwa Perdana Menteri Rishi Sunak tidak akan menghadiri pertemuan mendatang di PBB. Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Rusia Vladimir Putin juga tidak berencana untuk hadir di sana. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel