-->

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Provinsi Papua Berlangsung Khidmat

Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Provinsi Papua Berlangsung Khidmat

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Provinsi Papua berlangsung penuh khidmat. Dilaksanakan di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (17/8/2023), para pejabat Pemprov Papua hingga DPRP menggunakan baju adat.

Pelaksanaan upacara sendiri dimulai pukul 10.00 WIT, ditandai dengan bunyi sirene dan meriam selama 60 detik.

Plh Gubernur Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun mengatakan peringatan Kemerdekaan Indonesia kali ini merupakan momentum bagi pemerintah untuk semakin maju dan bangkit setelah pandemi COVID-19. 

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat di Papua untuk mengisi Kemerdekaan Indonesia yang diraih susah payah oleh para pahlawan.

"Mari kita mengisinya dengan menjaga persatuan dan kesatuan Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," imbau dia.

Diketahui, dalam upacara peringatan HUT RI 2023 di Papua, Plh Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dihiasi sejumlah atraksi paramotor dan penampilan maerching band, pelaksanaan HUT RI menyedot animo masyarakat, yang sebelumnya terkendala pandemi COVID-19.

Sementara pada upacara bendera yang mengusung tema nasional "Terus Melaju, Indonesia Maju" ini, terpilih 69 putra dan putri dari seluruh Papua untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) merah putih.

Mereka dipimpin Komandan Paskribaka Lettu Inf Muhammad Faras Ramadhan yang keseharian menjabat sebagai Danton 3 Kompi Senapan C Yonif 751/Vira Jaya Sakti.

Pasukan tersebut dibagi dalam tiga bagian yakni pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45, dimana yang bertugas sebagai penerima bendera, Mariam Agnes Tokoro dari SMA YPPGI Sentani.

Sedangkan bertugas sebagai pengibar bendera, Gerald Bano dari SMA Negeri 1 Jayapura, Zhaquelle Wanggai dari SMA Negeri 2 Jayapura dan Glen Awi SMA Negeri 1 Jayapura. 

Selain itu, bertindak sebagai komandan upacara Letkol Mar Fachrul Ahmadi yang merupakan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan X Jayapura. Pembacaan teks Proklamasi dibacakan Ketua DPRP Johny Banua Rouw. (Diskominfo Papua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel