-->

Jhon Richard Banua Launching Buku Pembelajaran Bahasa Lokal di Balim

Jhon Richard Banua Launching Buku Pembelajaran Bahasa Lokal di Balim

WAMENA, LELEMUKU.COM – Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Jhon Richard Banua melaunching buku lanjutan pembelajaran muatan lokal bahasa daerah Balim yang bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke 78 Tahun 2023. 

Ia mengatakan melalui kesempatan peringaran Hari Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya akan selalu melaksanakan komitmennya dalam mengembangkan minat, bakat dan karakter peserta didik, generasi Jayawijaya.

Selanjutnya, mendukung kebijakan merdeka belajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang revitalisasi bahasa daerah dengan terus-menerus dan secara konsisten menanamkan nilai-nilai baik yang bersumber dari budaya luhur kearifan lokal daerah Jayawijaya.

“Saya tandai dengan launching buku lanjutan pembelajaran muatan lokal bahasa daerah Balim di Kabupaten Jayawijaya,” kata Banua saat didampingi Wakil Bupati (Wabup) Marthin Yogobi di Kantor Bupati Jayawijaya. 

Lanjutnya, secara nyata pelestarian budaya luhur Jayawijaya sudah dilakukan dengan memberlakukan pembelajaran muatan lokal bahasa daerah di sekolah-sekolah pada tahun ajaran 2022/2023 dan sekarang ini diteruskan kembali untuk memberlakukan buku lanjutan muatan lokal bahasa daerah Balim yang selanjutnya akan dilakukan pemenuhannya secata bertahap hingga seluruh kebutuhan akan buku ajar muatan lokal bahasa daerah akan dapat terpenuhi secara keseluruhan.

Sesuai dengan Tema HUT RI Tahun 2023 ‘Terus melaju untuk Indonesia Maju’, Bupati berharap upaya pelestarian bahasa daerah untuk menjadikan bahasa daerah Jayawijaya dapat tumbuh dan berkembang secara lestari sebagai identitas dan kebanggaan seluruh masyrakat Jayawijaya yang maju.

“Kiranya konsistensi pengembangan buku muatan lokal bahasa daerah Balim Jayawijaya akan membawa manfaat yang baik bagi kemajuan kebudayaan luhur Jayawijaya pada saat sekarang dan masa yang akan datang,” harap bupati. (Laura Sobuber) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel