-->

China Kecam Rencana AS Jual Rudal ke Taiwan


BEIJING, LELEMUKU.COM - China mengecam keputusan pemerintahan Biden untuk menyetujui penjualan senjata senilai $619 juta (sekitar Rp9,25 triliun) ke Taiwan yang mencakup ratusan rudal untuk jet tempur F-16 dan peralatan terkait.

Langkah tersebut merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan China, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning.

“AS mengklaim untuk menghormati kedaulatan teritorial, tetapi telah berjalan di ujung tanduk, melanggar batas dan melanggar komitmennya terhadap masalah Taiwan, dan bahkan menjual senjata canggih ke Taiwan, wilayah China.”

Penjualan senjata ke luar negeri biasanya dilakukan antar negara, tetapi pemerintah AS mengatakan proposal tersebut, yang kemungkinan akan disahkan oleh Kongres dengan dukungan bipartisan, konsisten dengan undang-undang yang disebut “Taiwan Relations Act” (undang-undang tentang hubungan AS-Taiwan). Undang-undang tersebut mengizinkan Washington menjual senjata ke Taiwan untuk mempertahankan diri yang memadai melawan China. Beijing menganggap pulau yang berpemerintahan sendiri itu sebagai provinsi yang memisahkan diri.

Pemerintah AS menyangkal bahwa penjualan itu akan menambah tekanan pada industri pertahanan AS, yang berjuang untuk memasok amunisi ke Ukraina karena mempertahankan diri dari agresi Rusia.

Usulan penjualan senjata itu semakin mengobarkan ketegangan dengan Beijing, di tengah kekhawatiran Barat bahwa China sedang mempertimbangkan untuk menyediakan senjata untuk membantu perang Rusia di Ukraina.(VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel