-->

Negara-negara Aliansi Quad Prihatin atas Militerisasi di Laut Asia


NEW DELHI, LELEMUKU.COM - Amerika Serikat, Jepang, India, dan Australia menyatakan keprihatinan pada Jumat (3/3) atas militerisasi perairan Asia. Pernyataan itu merupakan referensi terselubung atas kehadiran China yang semakin meningkat di laut yang disengketakan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan menteri luar negeri dari tiga negara lainnya berkumpul di New Delhi di bawah naungan kelompok Quad.

Dalam pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh tuan rumah India, Quad menyerukan “pentingnya kepatuhan terhadap hukum internasional” di Laut China Timur dan Selatan “untuk memenuhi tantangan terhadap tatanan berbasis aturan maritim.”

“Kami sangat menentang tindakan sepihak yang berusaha mengubah status quo atau meningkatkan ketegangan di kawasan itu,” kata pernyataan tersebut.

Setelah pertemuan mereka, Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan China tidak punya alasan untuk takut pada Quad.

“Ini bukan militer tapi hanya kerja sama praktis. Kami tidak mencoba mengecualikan siapa pun. Ini dialog terbuka,” katanya.

“Sepanjang China mematuhi hukum dan norma internasional, dan juga bertindak di bawah institusi, standar dan hukum internasional, maka ini bukan masalah yang saling bertentangan antara China dan Quad.” (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel