-->

Jokowi Pastikan Bantuan Renovasi Rumah akan di Salurkan Pekan Depan


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan bantuan untuk renovasi rumah terdampak Gempa Cianjur akan mulai disalurkan pekan ini. Jumlahnya beragam dari Rp 50 juta, Rp 25 juta, hingga Rp 10 juta.

"Hari Kamis mulai diberikan," kata Jokowi saat mengunjungi lokasi terdampak gempa Cianjur di Jawa Barat, Senin, 5 Desember 2022.

Dengan bantuan ini, masyarakat diharapkan mulai ikut beraktivitas membangun rumahnya. "Kami harapkan juga ada kegiatan masyarakat, ada kegiatan ekonomi, ada pergerakan ekonomi. Itu yang kami harapkan," kata Jokowi.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 5,6 terjadi di Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Sabtu, 3 Desember, 2022, jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur bertambah menjadi 334 jiwa.

Baca Juga: Cerita Pengungsi Yang Selamat Dari Gempa Cianjur, Tahan Tembok Rubuh Demi Cucu

Bantuan renovasi rumah ini sebelumnya pernah Jokowi janjikan saat berkunjung ke lokasi gempa pada Selasa, 22 November 2022. Saat itu Jokowi menawarkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp 25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Bantuan diberikan lewat berbagai skema. "Ada yang langsung, ada yang lewat tabungan. Semuanya, ini sistemnya sudah disiapkan dan ini saya datang ke sini untuk mengecek persiapan itu," kata kepala negara.

Di saat yang bersamaan, pemerintah juga melakukan relokasi rumah warga dengan total 56 ribu unit. Jokowi mengakui ini bukanlah jumlah yang sedikit, tapi Ia ingin pembangunan bisa selesai secepat-cepatnya. "Karena masyarakat sudah kehujanan, kedinginan di tenda-tenda," kata dia.

Ia memastikan lokasi relokasi sudah ditentukan lewat kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). "Serta dari instansi yang terkait, Badan Geologi juga, semuanya," kata dia.(Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel