-->

Fredrickus Maclarimboen Gelar Diskusi Aman Dukung Kongres Aman di Papua

Fredrickus Maclarimboen Gelar Diskusi Aman Dukung Kongres Aman di Papua

SENTANI, LELEMUKU.COM - Kabupaten Jayapura dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah bagi iven Nasional yaitu Kongres AMAN, berbagai persiapan telah dilakukan tak terkecuali Bidang keamanan yang menjadi salah satu bagian terpenting dari iven tersebut, Rabu (27/07/2022).

Guna mengintensifkan dan memastikan situasi keamanan dalam pagelaran Kongres AMAN tersebut, maka Kapolres Jayapura mengajak para tokoh ditingkat Kampung dan Distrik untuk berdiskusi tentang permasalahan kamtibmas di kampung masing-masing.

Bertempat di Cafe Alegro.Id, Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH memimpin jalannya pertemuan dengan didampingi Kasat Binmas Iptu I Made Ambo Arkana, SH., MH, Kapolsek Sentani Barat Ipda Yuliani Tecuari dan diikuti Kadistrik Waibu Jenny S. Deda, S.STP., M.KP., Kadistrik Sentani Barat Yance Samonsabra, SH., Sekdis Waibu Frans A. Yoku., Kepala Kampung Doyo Lama Plt. Silas Pangkatana, Kepala Kampung Yakonde Yakub Daimoi, Kepala Kampung Dondai Yosis Daimoi, Kepala Kampung Waibron Soleman Boikaway.

Kapolres Jayapura menyampaikan AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menyampaikan, rapat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana persiapan dalam pelaksanaan kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara di Kabupaten Jayapura. "Pertemuan ini sengaja saya buat lebih awal yang tujuannya kami pihak keamanan untuk mengetahui sudah sejauh mana persiapan-persiapan yang dilakukan oleh pihak pemerintah dalam hal ini Distrik dan kampung,"ucapnya.

Ia menjelaskan, terkait masalah keamanan yang terjadi melalui beberapa faktor yaitu faktor manusia faktor alam dan faktor lain seperti binatang ternak yang dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas, "Oleh karena itu kami meminta agar masing-masing Distrik dan Kampung melalui Kadistrik dan Kepala Kampung agar bisa mengakomodir itu semua dan apabila ada hambatan segera di kordinasikan berjenjang baik secara lisan atau tertulis,"jelasnya.

Ditempat yang sama Kadistrik Sentani Barat menambahkan, rencana kegiatan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Pemerintah Kab. Jayapura sudah memerintahkan kepala distrik untuk mendatar rumah atau fasilitas umum yang dijadikan tempat untuk menginap para peserta Kongres. "Untuk terkait situasi Kamtibmas, kami Distrik Sentani Barat siap mendukung dan menjaga keamanan para peserta Kongres,"tambahnya.

Selain itu, Sekdis Waibu Bpk. Frans A. Yoku menyampaikan, kesiapan Distrik Waibu sudah dilaksanakan dari bulan Mei kemarin dengan mendatakan fasilitas umum dan rumah warga untuk menampung peserta Kongres, "Untuk terkait Situasi Kamtibmas, Kami dari Pihak Distrik sudah berusaha agar segera dibentuk Pos Pol di Wilayah Distrik Waibu,"katanya.

Tak hanya itu, Kasat Binmas Polres Jayapura Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH mengajak Kadistrik dan Kepala Kampung dan warga lainnya yang dikunjunginya agar dapat berperan aktif dan selalu mengajak pemuda-pemuda Kampung dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban sehingga terciptanya situasi yang kondusif. "Keamanan adalah tugas kita bersama bukan dari kami pihak kepolisian saja, bukan Kadistrik atau Kepala Kampung tapi semua warga masyarakat.," Ungkapnya.

Iptu I Made Ambo Arjana, SH., MH menambahkan, kita jadikan Pemuda sebagai pelopor Kamtibmas agar dapat menjaga keamanan mulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan masing-masing. (HumasPolresJayapura)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel