-->

Johannes Rettob Sebut Pusling Udara Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat Pedalaman Mimika

Johannes Rettob Sebut Pusling Udara Sangat Bermanfaat untuk Masyarakat Pedalaman Mimika

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Wakil Bupati (Wabup) Mimika Johannes Rettob mengatakan, helikopter PK-DAR milik Derazona air service yang dioperasikan PT. Unitrade Persada Nusantara mengemban misi mengevakuasi pasien rujukan ke Timika maupun mengantar tenaga kesehatan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

"Sebenarnya pemerintah kabupaten melaksanakan pelayanan kesehatan sampai ditingkat-tingkat  yang tidak bisa terjangkau, yang ada puskesmas maupun tidak. Ini sebenarnya tujuan awal," kata Wabup John saat ditemui di bandara, Kamis (9/6/2022). 

Ia menjelaskan, Pemkab berpikir untuk bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat yang tidak hanya di wilayah yang bisa dijangkau tapi juga yang sudah dijangkau menggunakan jalur darat maupun udara. 

"Juga melakukan pasien rujukan, jadi PSE 119 ini dilaksanakan dari pedalaman ke RSUD apabila ada rujukan. Dengan dasar itu pemerintah berpikir sarana transportasi untuk melaksanakan pelayanan tadi," jelasnya.

Heli pusling tersebut memiliki dua misi yaitu mengantar tenaga kesehatan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau, dan juga untuk melaksanakan pengantaran apabila ada pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan sehingga harus dirujuk. 

"Ada dua tujuan yang dilakukan, yang pertama untuk mengantar tenaga kesehatan ke daerah-daerah secara rolling dan juga pasien rujukan," ungkapnya.

Sebelum insiden tersebut, pihak PSE 119 memutuskan untuk mengevakuasi pasien yang melahirkan, namun karena cuaca buruk sehingga terjadi insiden. 

"Waktu berangkatnya aman tapi waktu kembalinya itu ada kecelakaan karena faktor cuaca, jadi kita tunggu investigasi kenapa sampai terjadi insiden ini," ungkapnya. (Ricky Lodar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel