-->

Komisi V DPR Papua Gelar RDP Bersama Mitra OPD Bidang Kesehatan

Komisi V DPR Papua Gelar RDP Bersama Mitra OPD Bidang Kesehatan.lelemuku.com.jpg

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Komisi V DPRP menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama mitra OPD Bidang Kesehatan diantaranya Dinas Kesehatan Provinsi Papua, RSUD Jayapura, RSUD Abepura dan RSJ Abepura, guna Evaluasi Program 2021 menyusul akan digelarnya Rapat Paripurna DPRP dalam rangka pembahasan LKPJ Gubernur Papua Tahun Anggaran 2021 dan Pelaksanaan APBD Provinsi Papua Tahun 2021.

“RDP hari ini, kami lebih banyak berbicara soal evaluasi program. Banyak hal yang kita dapatkan, terutama ada pekerjaan – pekerjaan fisik yang penyerapannya ada yang mencapai 80 persen dan ada yang mencapai 90 persen,” tegas Ketua Komisi V DPRP Timiles Yikwa kepada Humas DPRP, usai memimpin Rapat Dengar Pendapat bersama Mitra OPD bidang kesehatan di Hotel Suni Abepura, Selasa, (24/05/2022)

Dikatakan Timiles Yikwa bahwa RDP ini juga untuk memastikan sejauhmana pelaksanaan sejumlah progam pembangunan dan pelayanan kesehatan di kabupaten/kota di Papua.

"Kita ingin pastikan dimana saja program dikabupaten/kota dilaksanakan, sehingga  ketika anggota dewan turun ke daerah, bisa lebih mudah untuk mengawasi anggaran atau pelaksanaan program pembangunan itu. Sekaligus, jika dikemudian hari ada masalah, dapat diketahui kendalanya. Tadi Dinas Kesehatan sudah memberikan datanya kepada kami. Mungkin dalam waktu dekat juga kita akan turun cek di lapangan. Apakah itu betul – betul penyerapannya sudah 80 persen atau sedang dibangun atau seperti apa. Sebab ada juga informasi jika mereka juga ada yang sedang berupaya menyelesaikan pekerjaan agar mencapai 100 persen. Nah, itu akan kami pastikan, apakah betul – betul sedang berlangsung atau belum sama sekali, baru mereka laporkan,” paparnya

Ditambahkan Yikwa bahwa dalam rapat bersama OPD rumpun kesehatan yang lebih banyak membahas terkait LKPJ Gubernur Papua tahun anggaran 2021, Komisi V DPRP juga meminta data realisasi program tahun anggaran 2021," Pihak dinas  telah menyerahkan datanya, sehingga Komisi V DPR Papua usai pembukaan Rapat Paripurna, akan turun ke lapangan melakukan pengawasan terhadap program – program itu,"Tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame mengatakan bahwa Rapat Dengar P endapat bersama Komisi V DPR Papua lebih difokuskan pada evaluasi serapan anggaran tahun 2021.

"Kami laporkan bahwa serapan anggaran di Dinas Kesehatan pada tahun 2021 itu, mencapai 80,1 persen. Jadi, penyerapan sudah bagus,” ujarnya

Dikatakan Kayame bahwa untuk kegiatan lanjutan seperti pembangunan Rumah Sakit di Paniai, pembangunan Clinic Sport di Kampung Harapan Sentani yang dananya sebesar Rp 9 miliar, lantaran pada tahun 2021 lebih fokus pada PON dan refocusing anggaran akibat Covid-19, sehingga tidak maksimal.

“Namun, saya apresiasi teman – teman staf Dinkes Papua, meski kondisi begitu namun penyerapan anggarannya mencapai 80 persen lebih,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Kayame bahwa penyerapan anggaran di Dinas Kesehatan lebih baik jika dibandingkan tahun 2020 dan pada tahun 2021 tidak ada kendala yang signifikan terhadap penyerapan anggaran.

“Tahun ini, kami harapkan penyerapan anggaran bisa mencapai lebih dari 90 persen jika kami diberikan anggaran yang lebih,” tutupnya

Sekedar diketahui bahwa, Rapat dengar pendapat bersama OPD rumpun kesehatan ini dipimpin oleh  Ketua Komisi V DPR Papua Timiles Yikwa didampingi Wakil Ketua Komisi V DPR Papua Kamasan Jack Komboy, Sekretaris Komisi V DPR Papua Fauzun Nihayah dan Anggota Komisi V DPR Papua,antara lain,  Nathan Pahabol, Namantus Gwijangge, Deky Nawipa, Elly Wonda dan Piter Kwano.

RDP ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame, Direktur RSUD Jayapura Anthon Motte, perwakilan RSUD Abepura dan Rumah Sakit Jiwa Abepura (HumasDPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel