-->

Sri Paus Fransiskus Minta Barham Sali Hentikan Kekerasan di Irak

Sri Paus Fransiskus Minta Barham Sali Hentikan Kekerasan di Irak.lelemuku.com.jpg

BAGHDAD, LELEMUKU.COM - Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Barham Salih dalam kunjungan perdananya ke Irak. Di hadapan Salih dan jajarannya, Paus menyerukan agar kekerasan di negeri seribu satu malam itu dihentikan.

"Semoga tindakan kekerasan dan ekstremisme, faksi, dan intoleransi berakhir," katanya di Istana Presiden, Baghdad, dikutip dari Aljazeera, Sabtu, 6 Maret 2021.

Paus Fransiskus berharap ada ruang bagi semua warga Irak untuk berkerja sama membangun negeri melalui dialog, diskusi yang jujur, tulus, dan konstruktif.

Menurut dia, selama beberapa dekade terakhir, Irak telah menderita akibat perang, terorisme, dan konflik sektarian yang didasarkan pada fundamentalisme. "Tidak mampu menerima hidup berdampingan secara damai dari kelompok etnis dan agama yang berbeda, gagasan dan budaya yang berbeda," ujar Paus.

Ini merupakan kunjungan kepausan pertama kali ke negeri yang telah lama dilanda perang dan kini terdampak pandemi virus corona. Paus nekat berkunjung ke Irak di tengah pandemi dan kondisi keamanan yang rentan lantaran ingin menghibur salah satu komunitas Kristen tertua di dunia, sekaligus memperdalam dialognya dengan Muslim.

Di istana presiden, Paus Fransiskus kuga menyampaikan bagaimana Kekristenan di Irak. “Kehadiran orang-orang Kristen di negeri ini, dan kontribusi mereka bagi kehidupan bangsa, merupakan warisan yang kaya yang ingin terus mereka tempatkan untuk melayani semua,” ucap dia. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel