-->

Sri Paus Fransiskus Minta Peningkatan Pemberantasan Korupsi di Irak

Sri Paus Fransiskus Minta Peningkatan Pemberantasan Korupsi di Irak.lelemuku.com.jpg

BAGHDAD, LELEMUKU.COM - Paus Fransiskus melakukan kunjungan kepausan yang pertama kalinya ke Irak. Dalam pidato pembukaannya di Istana Presiden, Baghdad, ia meminta para pejabat memberantas korupsi.

"Sebagai pemimpin pemerintahan dan diplomat, anda dipanggil untuk memupuk semangat solidaritas persaudaraan. Itu perlu, tetapi tidak cukup, untuk memerangi momok korupsi, penyalahgunaan kekuasaan dan pengabaian hukum," kata dia dikutip dari The Tablet, Sabtu, 6 Maret 2021.

Irak dikenal sebagai salah satu negara yang paling parah korupsinya di dunia. Menurut laporan Transparency International, Irak berada di peringkat ke 162 dari 180 negara pada 2019 dan peringkat ke 160 pada 2020.

Paus Fransiskus menuturkan ia kerap memikirkan warga Irak yang terus berjuang untuk menjaga keamanan dirinya serta bertahan hidup di saat pengangguran dan kemiskinan meningkat. Sebabnya ia menyerukan agar semua orang harus menginspirasi upaya-upaya yang bisa menciptakan peluang untuk kemajuan.

Menurut Paus, tidak cukup hanya sekadar membangun kembali negeri begitu krisis di Irak selesai. Namun perlu dipastikan pembangunan itu berjalan dengan baik sehingga semua orang bisa menikmati hidup yang bermartabat.

"Juga diperlukan promosi keadilan dan pengembangan kejujuran, transparansi, dan penguatan lembaga-lembaga yang bertanggung jawab dalam hal ini," ujarnya.

Dengan cara ini, kata Paus Fransiskus, stabilitas dalam masyarakat bisa tumbuh dan politik yang sehat muncul. "Sehingga mampu menawarkan kepada semua, terutama kaum muda yang ada begitu banyak di Irak, harapan pasti untuk masa depan yang lebih baik," katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel