-->

Markus Masnembra Lepas 150 Induk Ikan Kakap dan Nila di Muara Kali Wardo

Markus Masnembra Lepas 150 Induk Ikan Kakap dan Nila di Muara Kali Wardo.lelemuku.com.jpg

BIAK, LELEMUKU.COM - Sebanyak 150 induk ikan dilepas oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bersama Pemerintah Provinsi Papua di Muara Kali Wardo, Biak Barat, Kamis (5/11.2020). Dari 150 induk ikan yang dilepas itu, sebanyak 50 induk ikan kakap dan 100 induk ikan jenis nila salim.  

Pelepasan itu dilakukan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Biak Numfor Markus O. Masnembra, SH.,MM bersama UPTD PBIAL/BBIP Biak Dinas Perikanan dan Keluatan Provinsi Papua Petrus Sroyer, S.STPi, M.Si dan sejumlah pejabat lainnya. 

Pelepasan induk ikan itu dimaksudkan untuk menambah dan menjaga kestabilan stok ikan di wilayah Kabupaten Biak Numfor, dengan tujuan kedepan spesies ikan kakap dan nila salim jumlahnya terus bertambah dalam beberapa tahun kedepan serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat meningkatkan pendapatan dan peningkatan gizi keluarga. 

“Jenis ikan ini cukup bagus dan memiliki nilai tinggi ketika dijual, termasuk gizinya. Untuk itu, masyarakat sekitarnya diminta minimal dua tahun kedepan tidak melakukan penangkapan terhadap induk ikan yang dilepas ini. Nanti ketika sudah berkembang banyak barulah bisa ditangkap,” tandas Sekda. 

Sementara itu Petrus Sroyer mengatakan, dalam satu tahun satu induk ikan itu bisa menghasilkan sekitar 3.000 – 9000, sehingga untuk dua tiga tahun kedepan jika induknya tidak diganggu oleh masyarakat maka jumlah ikan nila dan kakap di wilayah itu bisa menembus angka puluhan ribu sampai ratusan ribu. 

“Intinya sekarang bagaimana dua atau tiga tahun kedepan masyarakat menjaga ikan nila dan kakap di wilayah sekitarnya, jangan ditangkap dulu. Ya, nanti kalau sudah berkembang banyak barulah ditangkap, harapan bersama spesies ikan yang memiliki nilai jual di Kabupaten Biak Numfor makan banyak dan dapat meningkatkan pendapatan bagi masyarakat,” ujarnya. 

Sekedar diketahui, tak hanya Sekda yang hadir dalam pelepasan indukan ikan tersebut, namun sejumlah pejabat lainnya juga ikut hadir. Mereka adalah Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Biak Numfor Efendi Igiriza, S.Pi.,MM, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Biak Numfor Turbey Onny Dageubun, S.Pi., MM, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Biak Numfor Zakarias R. Mailoa, ST.,MM dan sejumlah lainnya.(HumasBiakNumfor)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel