-->

SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA Bagi Tips Jaga Imun Tubuh Menuju New Normal

SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA Bagi Tips Jaga Imun Tubuh Menuju New NormalSAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kantor Perwakilan Papua Maluku (SKK MIgas Pamalu), Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Inpex Masela Ltd dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Ibu dan Anak Tanimbar (PITA) melakukan sosialisasi tentang peningkatan sistem kekebalan imun tubuh.

Kegiatan yang dilakukan berupa pembagian 6 buah spanduk, 6 buah baliho dan 300 flayer di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Saumlaki, Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Lermatan dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lestari Desa Bomaki serta kepada masyarakat di area Pasar Omele Sifnana dalam rangka menyambut new normal atau tatanan kehidupan baru mengatasi wabah pandemic Virus Corona (COVID-19).

SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA Bagi Tips Jaga Imun Tubuh Menuju New NormalKetua LSM PITA, Jecklin F. Silety mengatakan kegiatan yang dilakukan merupakan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang telah berjalan sejak Bulan April lalu dengan tema pencegahan COVID-19, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sosial distancing atau pembatasan sosial, physical fisik serta Kesehatan kelompok resiko tinggi, seperti ibu hamil, bayi, balita dan Lanjut Usia (Lansia). 

“Ini kegiatan terakhir, kegiatan pemberdayaan bersama SKK Migas dan Inpex dari serangkaian kegiatan yang diawali bulan April kemarin berupa penyuluhan yang dilakukan melalui media spanduk, flayer, baliho dan sosialisasi lewat media sosial serta video singkat. Materi terakhir ini kita lebih fokus kepada kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan membantu penyebaran informasi di tiga lokus ini,” kata dia kepada Lelemuku.com pada Sabtu (30/05/2020).

Kemudian apresiasi datang dari Kepala Puskesmas Saumlaki, Felomina Oratmangun yang menilai bahwa SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA sangat perhatian dan sensitif terhadap masalah kesehatan yang telah menjadi pergumulan dunia hingga di Tanimbar. 

“Terima kasih sudah langsung turun tangan mencegah COVID-19 di daerah ini, saya merasa senang karena puskesmas Saumlaki hingga ke pustu dan posyandu di wilayah kerja kami selalu dilirik dan diperhatikan sehingga bantuan dan kerjasama berjalan baik. Kami berharap semua yang direncanakan ke depan tercapai dengan baik dan Tanimbar tetap berada di zona hijau COVID-19,” nilainya.

SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA Bagi Tips Jaga Imun Tubuh Menuju New NormalHal yang sama pun diungkapkan oleh Ketua Kader Posyandu Lestari Desa Bomaki, Ancelina Luturmas. Ia mengucapkan terima kasih dan mengaku bahwa sosialisasi melalui media promosi baliho, spanduk dan flayer sangat bermanfaat dan efektif karena masyarakat membaca pesan COVID-19 secara langsung.

“Ini sangat bermanfaat untuk kami masyarakat di Bomaki sebagai informasi bagi keluarga dan masyarakat untuk memutuskan mata rantai penyebaran corona,” ungkap Ancelina.

Sementara itu, salah satu ambassador Hulu Migas di Bidang Kesehatan, Endy Nelson Luturmas menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam menjaga imun tubuh adalah berolahraga secara teratur, berjemur pada pukul 08.00 WIT hingga 10.00 WIT selama 10 menit, mengkonsumsi makanan tinggi protein, vitamin, mineral dan kalsium, istirahat yang cukup dan kurangi stress yang akan mempengaruhi  daya tahan tubuh.

SKK Migas, Inpex Masela dan LSM PITA Bagi Tips Jaga Imun Tubuh Menuju New NormalKhusus bagi kelompok resiko tinggi, seperti ibu hamil, bayi dan balita diharapkan sang ibu hamil saat ada gejala flu atau demam harus hindari pemberian Air Susu Ibu (ASI), pastikan selalu anak dan balita tetap berada di rumah, mainan anak disemprot dengan cairan disinfektan seperti alkohol, hindari kontak fisik dengan anak lain.

Pencegahan pada lansia adalah gunakan masker, olahraga secara rutin, gunakan pakaian yang bersih, pastikan kondisi rumah selalu bersih, makanan dikontrol dan istirahat cukup serta jaga jarak sosial dan fisik.

“Materi menuju ke new normal adalah peningkatan sistem kekebalan tubuh yang harus dilakukan oleh kita dengan olahraga, control konsumsi makanan, hindari keluar rumah, pakai masker dan hindari pula tempat keramaian dengan jaga jarak sosial kita,” papar Luturmas. (Laura Sobuber)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel