Polres, Diskominfo dan Awak Media MTB Siap Tangkal Hoax Jelang Pilkada - Lelemuku.com | Media Pemberi Kabar dan Informasi yang Kritis, Obyektif, Akrab dan Bermartabat dari Maluku

Polres, Diskominfo dan Awak Media MTB Siap Tangkal Hoax Jelang Pilkada

 Polres, Diskominfo dan Awak Media MTB Siap Tangkal Hoax Jelang Pilkada
SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepolisian Resort (Polres) Maluku Tenggara Barat (MTB) bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) MTB dan awak media mengadakan pertemuan tentang “Menangkal segala informasi yang tidak benar atau Hoax menjelang Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur 2018”, yang dilangsungkan di ruang rapat Polres MTB, pada Rabu (31/1).

Pertemuan ini diawali dengan arahan oleh Wakil Kepala (Waka) Polres MTB, Kompol Sebastian Mesasail diikuti dengan penyampaian informasi tentang hoax oleh Kaur Humas Polres MTB, Fred Punay, arahan dari Sekretaris Diskominfo, N. Louloulia, sesi tanya jawab dan foto bersama.

Saat membuka dengan resmi kegiatan ini, Waka Polres mengatakan tujuan dilaksanakan pertemuan ini agar adanya sinergitas antara Kepolisian, Pemerintah Daerah (Pemda) dan media dalam menyebarluaskan informasi yang benar.

“Agar kita bersama-sama bersinergis dalam menyampaikan pemberitaan yang benar kepada masyarakat, kita memberi pembelajaran kepada masyarakat tentang pemberitaan yang benar dan kita menangkal pemberitaan-pemberitaan yang tidak benar. Yang merupakan tindakan-tindakan profokatif, akhirnya nanti menimbulkan situasi yang tidak kondusif, instabilitas di Kabupaten kita,” kata ia.

Dia mengajak agar setiap elemen dapat saling mendukung dalam menangkal informasi yang menyesatkan, yang makin menguat di media sosial dan juga masyarakat.

“Mari kita membangun kerjasama yang baik, yang saling mengingatkan, saling menginformasikan. Sehingga Bapak-ibu juga turut berperan membantu aparat Kepolisian dalam menciptakan situasi dan keamanan yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten MTB,” harap dia.

Sementara Sekretaris Dinas Infokom, N Louloulia mengatakan  tahun 2018 ini pihaknya akan kembali mengaktifkan Situs Website Pemda MTB untuk mengantisipasi berita hoax yang beredar.

“Ketika ada hoax hal terbaik yang kita lakukan adalah mungkin akan memberitakan berita yang seimbang atau berita yang benar. Salah satunya melalui Website Kabupaten MTB yang akan kami fokuskan di tahun ini” kata N. Louloulia.

Ia berharap melalui momentum Pilkada ini, media massa dapat lebih support dalam menyampaiakn informasi-informasi Pilkada tersebut.

“Kami mengharapkan sumber beritanya juga terpercaya, formasi beritanya. Nah itu yang kami harapkan bagaimana menangkal Hoax. Terkait dengan harus benar-benar, kadang di media massa ini, bisa digunakan oleh para Politisi untuk isa menyampaikan apa yang mereka dapat di Pilkada,” harap dia.

Hadir dalam kegiatan ini Waka Polres MTB bersama jajaran Kepolisian, Sekretaris Diskominfo, N. Louloulia bersama Staf bidang Media Publik Diskominfo, Arthur Makatita dan perwakilan awak media di MTB, diantaranya RRI Saumlaki, Radio Ureyana Cordis, Kontras, Pusat Timur, Indonesia Post, Mediator, Aliansi Indonesia, KPK dan Lelemuku. (Aksamina Masela/Anna Aurmatin)
Bagi ke WA Bagi ke G+

Redaksi menerima kiriman berita/video/foto amatir melalui email redaksi@lelemuku.com , disertai dengan biodata lengkap. Kiriman Berita/video/foto akan melalui proses moderasi.

Redaksi : redaksi@lelemuku.com
Iklan : iklan@lelemuku.com

0 comments:

Post a Comment