-->

Rumah Sakit Indonesia di Gaza Dibom Israel Menjelang Jeda Kemanusiaan


YERUSALEM, LELEMUKU.COM - Tentara Israel mengebom Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara pada Kamis malam, 23 November 2023. Israel menyasar generator-generator listrik di RS Indonesia, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

“Rumah sakit tersebut menjadi sasaran penembakan hebat yang menargetkan generator listrik dan sebagian besar bangunan,” kata juru bicara kementerian Ashraf al-Qudra seperti dikutip dari Anadolu.

“Nyawa 200 pasien dan staf medis terancam di tengah serangan itu,” kata dia. Sejauh ini belum ada komentar dari tentara Israel mengenai laporan tersebut.

Serangan Israel terjadi beberapa jam sebelum jeda kemanusiaan dengan Hamas yang dimulai Jumat pagi waktu setempat. Sebelum menyerang RS Indonesia di Gaza, Israel telah memerintahkan agar rumah sakit itu dikosongkan.

Sebabnya, tentara Israel ingin memasuki rumah sakit untuk menjalankan "operasi militer." Israel memberi waktu untuk evakuasi dalam waktu empat jam, menurut Direktur Jenderal Kementerian Kesehatan Munir Al-Borsh kepada Al-Jazeera Media Network.

Israel menuding Hamas menyembunyikan pusat komandonya di terowongan di bawah rumah sakit, sehingga mereka menyerang fasilitas kesehatan itu.

Al-Borsh mengatakan Rumah Sakit Indonesia telah dikepung oleh militer Israel dan serangan terus berlanjut di wilayah sekitar rumah sakit tersebut. Dia menyebutkan saat ini ada sekitar 200 orang di dalam rumah sakit, pejabat itu mengatakan 450 pasien telah meninggalkan rumah sakit pada Rabu.

Sementara itu, ada 65 jenazah di rumah sakit yang tidak dapat dikuburkan, 50 dari mereka telah berada di taman rumah sakit selama lebih dari 10 hari, ujar Al-Borsh. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel