-->

Rishi Sunak Batalkan Pertemuan dengan Kyriakos Mitsotakis


LONDON, LELEMUKU.COM - Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menuduh Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak membatalkan pertemuan yang dijadwalkan di London hari ini, Selasa, 28 November 2023, karena status Patung Parthenon. Yunani telah berulang kali meminta British Museum untuk mengembalikan secara permanen patung berusia 2.500 tahun yang dipindahkan diplomat Inggris Lord Elgin dari kuil Parthenon pada awal abad ke-19. Pemindahan patung dilakukan ketika Elgin menjadi duta besar untuk Kekaisaran Ottoman.

“Saya mengungkapkan kekesalan saya karena Perdana Menteri Inggris membatalkan rencana pertemuan kami hanya beberapa jam sebelum pertemuan itu dijadwalkan,” kata Mitsotakis dalam sebuah pernyataan.

“Sikap Yunani mengenai masalah Patung Parthenon sudah diketahui dengan baik. Saya berharap mendapat kesempatan untuk mendiskusikannya dengan mitra saya dari Inggris. Siapa pun yang percaya pada kebenaran dan keadilan posisinya tidak pernah takut untuk menghadapi argumen,” katanya.

Pemerintah Yunani telah berdiskusi dengan ketua British Museum George Osborne mengenai kemungkinan kesepakatan pinjaman untuk patung-patung tersebut. Status patung itu telah menjadi sumber perselisihan antara kedua negara selama berabad-abad.

Mitsotakis mengeluh dalam sebuah wawancara dengan BBC pada hari Minggu bahwa pembicaraan mengenai kemungkinan pengembalian patung-patung itu ke Athena amat lambat. Ia mengatakan, keberadaan patung-patung itu di British Museum seperti membelah Mona Lisa menjadi dua. "Itu bukan soal kepemilikan melainkan penyatuan kembali," ujarnya.

Seorang pejabat pemerintah Inggris, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan perselisihan tentang patung itu membuat pertemuan kedua kepala negara tidak layak untuk dilanjutkan.

Sebelumnya, juru bicara Sunak mengatakan tidak ada rencana mengembalikan patung tersebut ke Yunani.

Ketika ditanya tentang pernyataan Mitsotakis, kantor Sunak mengatakan hubungan Inggris dengan Yunani sangat penting. Kedua negara perlu bekerja sama dalam menghadapi tantangan global seperti mengatasi migrasi ilegal.

Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden bersedia bertemu Mitsotakis untuk membahas masalah ini, kata kantor Sunak.

Pemerintah Inggris selalu mengelak soal mengembalikan patung itu ke Yunani. Patung Parthenon tersebut diperoleh secara legal.

Undang-undang melarang museum Inggris mengeluarkan benda-benda dari koleksinya kecuali dalam keadaan tertentu. Namun undang-undang tersebut tidak melarang peminjaman. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel