-->

Pemkab Mimika Gelar Lomba Dayung Bupati Cup 2023

Pemkab Mimika Gelar Lomba Dayung Bupati Cup

MIMIKA, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) mengadakan Lomba Dayung Bupati Cup 2023,  bertempat di Pelabuhan Jober Pertamina, Poumako, Distrik Mimika Timur, Jumat (24/11/2023).

Dominggus Kapiyau, ketua panitia lomba mengatakan, tujuan pelaksanaan lomba dayung selain untuk memperebutkan Bupati Cup, lomba ini dimaksudkan sebagai ajang pencarian bibit atlet dayung di Kabupaten Mimika. 

"Hal ini menjadi target Pengcab Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kabupaten Mimika yang baru terbentuk. Harapannya, melalui ajang lomba ini, PODSI dapat melakukan penyegaran dan menyusun program pembinaan atlet yang semakin terarah dan terstruktur," ungkap Dominggus.

Ditambahkannya, "Dengan demikian, ketika akan dilaksanakan lomba dayung di berbagai tingkatan, PODSI Mimika dapat langsung mempersiapkan atlet dayung yang akan mewakili Kabupaten Mimika, bahkan diharapkan mewakili Provinsi Papua Tengah."

Lomba dayung perahu tradisional ini sedianya akan dilaksanakan memperingati HUT Kabupaten Mimika pada bulan Oktober lalu, namun karena ada kendala teknis, maka baru dilaksanakan pada Bupati Cup 2023 ini.

Lomba Dayung Perahu tradisional yang berlangsung selama dua hari hingga Sabtu, 25 November 2023, menempuh jarak 200 meter, dengan 3 kategori yaitu kategori pelajar SMP, pelajar SMA/SMK dan kategori umum, dimana setiap perahu akan memuat 4 orang atlet. 

Lomba diikuti oleh 40 tim yang terdiri dari SMP sebanyak 10 tim, SMA/SMK sebanyak 10 tim dan masyarakat umum sebanyak 20 tim.

Sementara, Kepala Bidang Olahraga, Polina Sarira S.E., saat membacakan sambutan Bupati mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan.

"Lomba ini sebagai media untuk menumbuhkembangkan olahraga dayung. Apalagi perahu dan dayung selama ini telah menjadi bagian kehidupan sosial di belahan dunia, bahkan olahraga dayungpun sudah ada sejak lama," ungkapnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah berkontribusi, demi terselenggaranya lomba ini.

"Harapan saya, lomba ini sebagai upaya untuk menggeliatkan olahraga dayung di Kabupaten Mimika, yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga dayung itu sendiri," ujarnya.

Melalui lomba dayung ini, menurutnya, akan meningkatkan kemampuan atlet, tak hanya dari segi teknik, tetapi juga mental.

"Kepada seluruh atlet dayung, pelatih, dan ofisial, saya ucapkan terima kasih telah turut berpartisipasi dalam event ini. Dan kepada seluruh atlet yang akan bertanding, saya yakin kalian semua berpotensi menjadi juara. Kalian semua adalah calon-calon atlet berprestasi, yang akan mengharumkan nama Kabupaten Mimika di kancah nasional, bahkan internasional," pesannya. 

Melalui ajang ini, diharapkan makin menumbuhkαn, sekaligus memunculkan bibit-bibit atlet dayung yang handal. 

"Kepada seluruh atlet, saya berpesan agar berlomba dengan sportif dan jujur, karena sikap jujur dan sportif, akan membawa efek positif terhadap jalannya lomba sampai selesainya nanti. Sekali lagi, junjung terus sportifitas dalam berlomba, dan jadilah juara yang di segani," pintanya mengakhiri sambutan Bupati Mimika. 

Selanjutnya, Kepala Bidang Olahraga, Polina Sarira S.E., mewakili Bupati Mimika membuka kegiatan lomba dayung, didampingi Forkopimda Mimika. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel