-->

Juliana Waromi Terima Penghargaan Wanita Inspiratif dan Internasional Best Leaderhsip Award 2023

Juliana Waromi Terima Penghargaan Wanita Inspiratif dan Internasional Best Leaderhsip Award 2023

JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Dr. Juliana J Waromi, SE., M.Si kembali menorehkan prestasi dengan terpilih sebagai penerima penghargaan kategori 10 Wanita Inspirasi Tahun 2023 dan International Best Leadership Award (IBLA) 2023 dari International Human Resources Development Program (IHRDP).

IHRPD sendiri merupakan Lembaga Pemberi Penghargaan, Lembaga Pemantau, Peneliti dan Pengemban Sumber Daya Manusia. Berdasarkan informasi, penghargaan yang diberikan oleh IHRDP adalah berdasarkan kajian dan seleksi yang telah dilakukan oleh panitia.

Diketahui panitia yang terlibat dalam penilai juga dibantu oleh tim pengamat baik secara langsung maupun melalui media massa yang ada dan dengan memenuhi beberapa kriteria serta indikator yang ditentukan.

Perempuan Papua asal suku Ambai  Serui itu menerima penghargaan tersebut atas dedikasi dan prestasinya dalam bidang kepemimpinan terkait program pengembangan sumber daya manusia.

Penghargaan diberikan oleh Chairman IHRDP Foundation, Gene Vinsent Sumantri. Penghargaan bergengsi yang berlangsung di Hotel Aryaduta Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu, 21 Oktober 2023 tersebut juga merupakan satu pengakuan atas dedikasi dan prestasi luar biasa dari sosok Juliana Waromi dalam menciptakan masyarakat yang maju dan mandiri melalui pemikiran dan komitmennya.

Promotor Kopi Ambaidiru ini juga memiliki pemikiran yang luar biasa untuk menciptakan masyarakat yang berkualitas dalam hubungan sesama manusia, manusia dengan teknologi, alam, dan Tuhan.

Selain itu, Juliana juga dinilai berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mandiri, melalui inovasi dan karya-karya yang menginspirasi salah satunya lewat penulisan buku 'Pentingnya Investasi di Papua' yang telah dilaunching beberapa waktu lalu.

“Saya tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan ini. Itu hasil penilain masyarakat dan tim IHRDP, yang saya pribadi tidak pernah tahu, kapan tim ini melakukan pemantauan bahkan datang bertemu saya, namun tiba tiba saya dihubungi jika ada penghargaan itu karena ada penilaian,” Ungkap Sekwan Juliana saat apel bersama pada Senin, 30 Oktober 2023.

Dikatakan Julianan penghargaan yang diberikan kepada dirinya bukan merupakan hasil kerja dari dirinya sendiri melainkan dukungan semua pihak terkait

"Bagi saya penghargaan ini luar biasa dan ini merupakan kebanggaan bagi kami. Ini karena semata mata dukungan staf saya yang luar biasa, sehingga kami mendapat penghargaan ini, karena tidak mungkin kami bekerja sendiri. Sebab, bagi saya segala sesuatu yang selama ini saya hadapi dan jalankan, itu karena pertolongan Tuhan dan dukungan staf dibawah, kalau tanpa dukungan staf itu tidak bisa menyelesaikan sesuatu,” kata dia.

Lebih Juliana yang juga Ketua Pengprov Perpani Papua ini bahwa Penghargaan Wanita Inspiratif dan Internasional Best Leaderhsip Award yang diberikan kepada dirinya  kemungkinan karena  dianggap mampu melaksanakan tugas-tugas yang sebenarnya merupakan tugas laki laki, namun ia bisa melaksanakan tugas yang diembannya tersebut dengan baik.

"Saya dalam bekerja selalu kedepankan profesionalitas, tanpa memandang gender, selama itu bisa kami kerjakan akan kami kerjakan hingga tuntas dan harus ada hasilnya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Juliana berbagi pengalaman menjadi salah satu promotor Kopi Ambaidiru, dimana berkat ketekunan dan kerja kerasnya yang tetap berpegang pada profesionalitas dalam bekerja ini dan menjadi inspirasi bagi para petani Kopi di Ambaidiru, Kabupaten Kepulauan Yapen untuk berkembang dan maju dengan melakukan pendampingan.

Ketika para petani kopi dihadapkan dengan berbagai permasalahan, Juliana merasa terbeban, apalagi situasi yang sulit termasuk akses transportasi yang sulit ke daerah itu, sehingga tentu mengganggu pemasaran komuditas unggulan Papua itu.

“Saya kemudian turun langsung ke sana untuk melihat kondisi para petani. Bahkan, saya pernah promosikan kopi Ambaidiru sampai ke luar negeri seperti ke Korea hingga Boston dan San Fransisco, Amerika Serikat bersama pimpinan DPR Papua. Itu yang bisa saya ambil langkah langkah untuk meningkatkan ekonomi dari para petani kopi itu,” jelasnya.

Bahkan, dari promosi kopi Ambaidiru itu, sempat banyak permintaan kopi Ambaidiru. Namun, hal itu kembali kepada petani kopi untuk dapat memenuhi permintaan pembeli tersebut secara kontinue.

“Di Korea, setiap bulan diminta paling rendah 5 ton per bulan. Mereka siap dengan harga yang tinggi, waktu itu diberi harga 10 dolar atau Rp 130 ribu per kilo saat itu, sehingga waktu itu saya ambil langsung dari petani, namun sayangnya tidak bisa kontinue, sehingga terputus," kata Juliana.

Lanjut dia, “Saya waktu itu sangat senang, apalagi petani mendapatkan pendapatan dari kopi mereka. Bahkan waktu lewat pimpinan DPR Papua, meminta bupati untuk memberikan dukungan dengan membangun akses jalan ke Ambaidiru, namun mereka belum mampu untuk meningkatkan produksi mereka dan menjaga kontinueitas produk mereka. Saya pikir ini butuh pihak ketiga dan pemerintah daerah untuk terus mendampingi mereka,” paparnya.

Sekretaris DPRP Juliana Waromi juga sebelumnya meraih penghargaan sebagai Sekwan Terbaik seluruh Indonesia. Bahkan, dalam acara Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) dan Asosiasi  Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI) di Bandung, Jawa Barat baru baru ini, laporan SPJ SPPD Sekretariat DPR Papua dipakai untuk contoh bagi Sekretariat DPRD se Indonesia lantaran ada penandatanganan fakta integritas bagi anggota DPR Papua. (Humas DPRP)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel