-->

Indonesia-AS Sambut Peningkatan Kemitraan Jadi Strategis Komprehensif


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Indonesia dan Amerika Serikat menandai babak baru dalam hubungan antar kedua negara saat kedua pemimpin bertemu di Gedung Putih, Washington, pada Senin (13/11). Presiden Joe Biden menyambut Presiden Joko Widodo di Gedung Putih menjelang pertemuan bilateral kedua pemimpin.

Presiden Biden menyambut kedatangan Presiden Jokowo di Gedung Putih dengan menyinggung pertemuan mereka sebelumnya pada KTT G-20 di Bali dan bertekad untuk meluncurkan tingkat kerja sama setinggi mungkin: Kemitraan Strategis Komprehensif.

Biden mengatakan ini akan menandai era baru hubungan antara Amerika Serikat dan Indonesia secara keseluruhan, dan memengaruhi seluruh aspek kemitraan kedua negara. Kerja sama tersebut meliputi kerja sama di bidang keamanan, khususnya keamanan maritim, dan perluasan kerja sama untuk membangun rantai pasokan yang aman dan tangguh serta kolaborasi untuk memerangi krisis iklim.

"Saat kita hampir menandai 75 tahun kerja sama yang terjalin antar kedua negara, saya melihat bahwa hubungan kita lebih kuat dari yang pernah ada sebelumnya dan akan terus menjadi lebih kuat lagi," ujar Biden.

Biden juga mengatakan Indonesia adalah pemain penting -- penting dalam dunia transisi energi ramah lingkungan.

Presiden Biden juga menekankan bahwa AS akan terus bekerja sama dengan ASEAN untuk memajukan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, aman, dan sejahtera dan memuji kepemimpinan Indonesia dalam keketuaan ASEAN pada tahun ini.

Menurut pernyataan Gedung Putih, Presiden Jokowi mengatakan AS adalah salah satu mitra terpenting bagi Indonesia.

"Dan kita sepakat untuk meningkatkan kemitraan kita menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif. Namun yang terpenting adalah kita harus memberikan makna yang nyata terhadap kemitraan ini," kata Jokowi.


Bagi Indonesia, kerja sama di bidang ekonomi adalah prioritas, termasuk dalam masalah rantai pasokan.

Presiden Jokowi mengatakan Indonesia juga berharap kemitraan ini dapat berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran regional dan global. Oleh karena itu, Indonesia meminta AS untuk berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza. Gencatan senjata adalah suatu keharusan demi kemanusiaan, tambah Jokowi.

Kedua pemimpin dijadwalkan akan menghadiri KTT APEC di San Fransisco pada minggu ini. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel