-->

Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menjadi inspektur upacara peringatan hari ulang tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia di Monumen Nasional, Jakarta, pada hari ini, Kamis, 5, Oktober 2023. TNI sudah menyiapkan parade alutsista dan ragam atraksi serta pertunjukan lainnya.

Sesuai rangkaian acara, upacara akan dimulai sekira pukul 07.24 WIB dengan peniupan terompet. Kemudian, acara pokok HUT TNI itu akan berlangsung pada pukul 08.00 WIB hingga 08.36 WIB

Selaku inspektur upacara, Jokowi akan memberi amanat dan tanda kehormatan pada puncak HUT ke-78 TNI hari ini.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto, mengatakan, dalam kegiatan HUT Ke-78 TNI ini dilaksanakan secara besar-besaran salah satunya adalah pengerahan alutsista yang dikerahkan 91 pesawat dari tiga angkatan. Ia menyampaikan ini saat jumpa pers pada sela-sela gladi bersih di Monas pada Selasa, 3 Oktober 2023, seperti dilansir Antara.

Setidaknya ada 4.630 prajurit dan 130 alutsista dari tiga matra yang terlibat dalam Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI, yang mengangkat tema 'TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju'.

Atraksi udara diawali dengan aksi terjun payung dari 78 prajurit TNI dan anggota Polri.

“Ini melambangkan hari ulang tahun TNI ke-78 yang terdiri dari TNI dan Polri. Kemudian (atraksi udara) dilanjutkan dengan flypast pesawat. Pertama flypast Giant Flight terdiri atas helikopter yang membawa bendera raksasa. Kemudian kami melaksanakan flypast gabungan dari darat, laut, udara dari berbagai tipe pesawat yang dimiliki oleh TNI tentunya. Kemudian dilaksanakan (atraksi) aerobatic team, Jupiter dan Pegasus Team yang melaksanakan demo bersamaan dengan (aksi) teatrikal yang ada di bawahnya,” kata Aspers Panglima TNI itu.

Dalam atraksi udara itu, Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU yang menerbangkan pesawat latih KT-1B Wongbee bermanuver di udara mengelilingi Monas bersama Tim Dynamic Pegasus TNI AU, yang menerbangkan helikopter Colibri.

Dalam acara gladi bersih, atraksi udara itu juga menampilkan tiga unit pesawat angkut baru TNI AU, yaitu C-130 J Hercules.

Kemudian, rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI juga menampilkan Kolose Senapan, yaitu atraksi menggunakan senapan laras panjang dari 678 prajurit.

Aspers Panglima menyebut atraksi itu istimewa karena menjadi ajang pemecahan rekor MURI saat HUT Ke-78 TNI.

Presiden RI, para tamu undangan, dan masyarakat nantinya juga disuguhkan parade lebih dari 100 alutsista TNI mulai dari rudal-rudal dan sistem senjata, pesawat nirawak (drone), kendaraan tempur (ranpur), kendaraan taktis (rantis), mobil-mobil, motor listrik, tank amphibi Marinir.  (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel