-->

KJRI Kembali Gelar Festival Jalan Indonesia di New York


ALBANY, LELEMUKU.COM - Kota New York kaya akan keanekaragaman budaya dari seluruh dunia. Dari sekitar delapan juta penduduk New York, 37%-nya berasal dari negara lain, sebagian besar keturunan Afrika, Hispanik dan Asia. Budaya Indonesia, khususnya masakan Indonesia telah banyak dikenal oleh warga kota New York. Beberapa festival digelar di kota itu dua pekan lalu.

Semakin sering Indonesia mengadakan festival di kota New York. Dari New York-Indonesia Fashion Week, hingga bazar makanan ikut digelar di kota yang dikenal dengan sebutan Big Apple itu.

KJRI New York belum lama ini mengadakan festival jalanan, Indonesian Street Festival atau ISF di depan gedung Konsulat Jendral RI, seperti dijelaskan oleh Konsul Jendral RI di New York, Winanto Adi.

“Gagasan ISF ini semula digagas oleh KJRI New York pada tahun 2015. Pada waktu itu ada masukan dari diaspora Indonesia, terkait HUT ke-70 kemerdekaan RI. Gagasannya antara Pasar Rakyat atau membuat street festival, lokasinya di depan gedung KJRI New York.”

Menurut Winanto, ada sekitar 20 ribu warga Indonesia tinggal di New York dengan berbagai profesi, salah satunya pemilik restoran masakan Indonesia ataupun non makanan Indonesia. Adapula warga yang bergerak di bidang kuliner, seperti bisnis katering makanan Indonesia.

“Terdapat 13 vendor kuliner, ada vendor non kuliner, ada booth dari sponsor dan organisasi masyarakat, termasuk PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) untuk sosialisasi pemilu tahun depan.”

Pada acara festival jalanan ini, hampir semua diaspora Indonesia telah memiliki lisensi menjual makanan. Warga AS yang beragam juga menyukai makanan Indonesia.

Fefe Anggono, salah seorang diaspora Indonesia yang sudah 25 tahun tinggal di New York, secara rutin mengadakan Indonesian Food Bazaar (IFB) di sebuah gedung komunitas St. James Parish House, New York.

Kini setiap bulan pada minggu pertama hari Sabtu, sekitar 10 vendor penjaja makanan Indonesia berjualan di sana. Para pelanggannya sudah terlanjur menyukai masakan Indonesia, katanya kepada VOA.

Fefe juga membuka kesempatan bagi seluruh vendor Indonesia untuk bergabung dalam New York-Indonesia Food Bazaar itu.

“Sejauh mereka mau berusaha dalam bidang kuliner untuk mempromosikan Indonesia. Karena bukanya bazaar di New York, jadi kami namakan New York-Indonesia Food Bazaar”.

Kebetulan pada waktu itu, ISF dihadiri oleh tiga menteri dari Indonesia yang sedang mengikuti Sidang Umum PBB di New York, di antaranya Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dalam Festifal Jalanan di New York itu, Indonesia juga menampilkan berbagai acara kesenian, antara lain dari Elfa’s Singer, Balawan Gamelan Fusion, Dangdut in Amerika dan tarian Ratoh Jaroe dari Saung Budaya.

Selama beberapa dasawarsa, New York merupakan pintu masuk utama bagi sebagian besar imigran yang tiba di AS. Oleh karena itu kota New York menjadi lingkungan unik berkembangnya multi budaya, termasuk Indonesia. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel