-->

Jokowi Izinkan Anji Widjajanto Masuk Tim Kampanye Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah mengizinkan Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional atau Lemhanas Andi Widjajanto masuk Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo.

"Kalau saya, saya izinkan," kata Jokowi saat ditemui seusai pertandingan Timnas Indonesia melawan Brunei Darussalam di Stadion Utama GBK, Kamis, 12 Oktober 2023.

Hanya, kata dia, soal aturannya nanti akan diurus oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. "Apakah harus cuti, apa harus mundur," kata Jokowi.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengumumkan bahwa Gubernur Lemhanas Andi Widjajanto ditunjuk menjadi Deputi Politik 5.0 di Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo. Adapun tugasnya adalah memproyeksikan isu-isu dan memetakan simpul-simpul jaringan strategis.

Andi Widjajanto kemarin tampak hadir dalam pertemuan antara para ketua umum partai pengusung Ganjar dengan tim pemenangan nasional yang dipimpin Arsjad Rasjid di Gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Saat ditemui di lokasi acara, Andi mengklaim posisinya di tim pemenangan Ganjar tak akan melanggar aturan Lemhanas. Dia menyebut tak akan bias, kendari menjabat sebagai salah satu petinggi di tim nasional Ganjar sekaligus sebagai Gubernur Lemhanas.

"Lembaga yang saya pimpin lembaga ketahanan nasional akan sepenuhnya netral, tidak berpolitik praktis dalam proses Pemilu 2024," katanya.

Andi membantu Jokowi dalam kontestasi pilpres 2014. Dalam Pilpres 2019, Andi merupakan salah satu tim sukses dari pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin. Saat itu, Andi bersama purnawirawan TNI membentuk tim bernama Cakra 19.

Andi kemudian dipercaya oleh Jokowi untuk menjabat Sekretaris Kabinet dan menjadi salah satu Penasihat Senior Kantor Staf Kepresidenan hingga 2022. Pada 21 Februari 2022, Andi dilantik menjadi Gubernur Lemhannas RI.

Selain Andi Widjajanto, tim pemenangan nasional Ganjar juga mengangkat mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Nasional Komjen (Purn) Luki Hermawan sebagai deputi Deputi Kinetik Teritorial.

Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden, Arsjad Rasjid mengatakan keberadaan deputi ini merupakan klaster kerja timnya.

Dia membeberkan alasan dipilihnya Andi Widjajanto dan Luki Hermawan sebagai deputi lantaran memiliki kredibilitas dan juga profesionalitas. Tak cuma dua deputi saja, Arsjad Rasjid akan menambah beberapa deputi lainnya. "Akan diumumkan lagi deputi lainnya. Namun pada saat ini kami ingin mengumumkan untuk Pak Andi dan Pak Luki," katanya.  (Daniel Fajri|Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel