-->

Dirjampelkes Pastikan Layanan Faskes di Papua Pegunungan Optimal

Dirjampelkes Pastikan Layanan Faskes di Papua Pegunungan Optimal

WAMENA, LELEMUKU.COM - Dalam rangka memastikan optimalnya pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan berbasis digital untuk pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati didampingi Asisten Deputi Bidang Kepesertaan dan Mutu Layanan BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII Teguh Wijaya, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Wamena Freda Yanne Imbiri, beserta rombongan mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Kabupaten Jaya Wijaya yaitu Puskesmas Wamena Kota, Rabu (04/10/2023).

“Puskesmas merupakan gerbang awal dari sebuah pelayanan kesehatan dan memiliki peranan yang sangat penting. Puskesmas pun harus mampu menentukan apakah pasien bisa sehat kembali dengan penanganan dokter yang ada di puskesmas itu sendiri atau harus dirujuk ke rumah sakit terdekat. Sumber daya manusia, sarana dan prasarana pun menjadi acuan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada pasien, agar pasien merasa puas dengan layanan yang diberikan. Tak hanya peserta yang menggunakan Jaminan Kesehatan Nasional saja yang dilayani, tetapi yang berlaku umum pun dilayani dengan baik”,Ujar Lily.

“Saat ini FKTP diharapkan dapat terus mengedukasi peserta JKN  terkait manfaat Pelayanan Kesehatan yang dapat diberikan mulai dari pelayanan obat sampai dengan pelayanan Kesehatan lainnya. Selama peserta JKN mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta," tegas Lily.

Lily Juga menambahkan bahwa Petugas di fasilitas kesehatan juga diharapkan dapat mengedukasi kepada masyarakat atau peserta JKN yang berkunjung ke fasilitas Kesehatan terkait Aplikasi Mobile JKN

Lily mengapresiasi atas komitmen pihak Puskesmas Wamena Kota dalam memberikan pelayanan yang optimal bagi peserta JKN yang telah sigap berkolaborasi dengan BPJS kesehatan dalam mewujudkan Transformasi Mutu Layanan mulai dari mempermudah peserta dalam proses mendaftar pelayanan dengan mengintegrasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dengan sistem di FKTP, peserta sudah bisa mendapatkan pelayanan cukup dengan menyebutkan NIK atau menunjukkan e-KTP.

Transformasi Mutu Layanan juga mencakup upaya simplifikasi administrasi pelayanan. Proses administratif yang lebih sederhana, seperti penggunaan KTP saat mengakses layanan kesehatan, tanpa perlu fotokopi berkas, alur layanan rujukan yang efisien, dan digitalisasi pelayanan dan pengklaiman. Selain itu, percepatan penyelesaian pengaduan peserta melalui BPJS Satu menjadi langkah proaktif dalam menjawab kebutuhan peserta JKN,”ujar Lily.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Wamena Kota  dr. Lorina menyampaikan,“Kunjungan ini bisa menjadi tolak ukur kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan kepada Peserta JKN kami juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta yang datang berobat dan mendukung Program JKN dengan inovasi yang telah dikembangkan seperti Aplikasi Mobile JKN, dan untuk berobat sekarang hanya cukup menggunakan NIK peserta JKN sudah dapat mendapatkan pelayanan kesehatan,” tutur dr Lorina dalam menyambut tim BPJS Kesehatan.

Saya beserta jajaran Puskesmas Wamena Kota menyampaikan terimakasih atas kunjungan dan apresiasi kepada Direksi BPJS Kesehatan yang telah mengunjungi dan meluangkan waktu untuk datang ke Puskesmas Wamena Kota. Kami tetap berkomitmen untuk memberikan kemudahan serta pelayanan terbaik bagi peserta JKN dalam mewujudkan Transformasi Mutu Layanan, Saya berharap seluruh masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan dapat tercover menjadi peserta JKN sehingga semua Masyarakat dapat merasakan kemudahan dan manfaat dari Program JKN ini,” tutupnya (Humas BPJS)

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel