-->

70 Warga Palestina Tewas Diserang Israel saat Hendak Tinggalkan Gaza


RAMALLAH, LELEMUKU.COM - Lusinan warga Palestina tewas dalam serangan udara Israel ketika mencoba melarikan diri dari Jalur Gaza utara, menurut para pejabat Hamas pada Jumat.

Ini setelah militer Israel memerintahkan lebih dari satu juta penduduk untuk mengungsi dalam 24 jam, sebuah perintah yang ditolak oleh PBB karena dianggap “mustahil”.

Kantor media Hamas, kelompok Palestina yang memerintah Jalur Gaza yang terkepung, mengatakan 70 orang, kebanyakan wanita dan anak-anak, tewas dalam serangan udara terhadap mobil yang meninggalkan Kota Gaza. Dikatakan kendaraan itu menjadi sasaran di tiga tempat.

Ribuan warga sipil Palestina mulai mengungsi ke Gaza selatan pada Jumat di bawah rentetan serangan udara tanpa henti setelah perintah militer Israel meskipun hanya ada sedikit tanda-tanda eksodus massal.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan setiap warga Palestina yang ingin “menyelamatkan nyawa mereka” harus memperhatikan perintah untuk bergerak ke selatan saat Israel bersiap menghadapi serangan darat terhadap wilayah kantong pantai yang terkepung.

Sekitar 1,1 juta dari 2,3 juta penduduk Gaza tinggal di bagian utara jalur tersebut, termasuk Kota Gaza, wilayah perkotaan terpadat.

Beberapa kelompok hak asasi manusia mengecam perintah tersebut dan memperingatkan bahwa potensi pemindahan paksa penduduk sipil merupakan pelanggaran hukum internasional.

Banyak warga Palestina mengatakan mereka tidak akan mengindahkan perintah tersebut.

“Perasaannya adalah tidak ada harapan, tidak ada yang peduli dengan Gaza atau apa yang terjadi pada masyarakatnya,” kata warga Gaza, Mansour Shouman, kepada Al Jazeera.

“Jika kami mati di sini, kami akan mati di rumah kami sendiri. Kita akan mati di utara atau selatan. Kami akan mati dengan kepala tegak, berdiri tegak di atas tanah kami, membela hak-hak kami dan berpegang teguh pada keyakinan kami.”

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan pada Jumat bahwa setidaknya 1.900 orang – lebih dari setengahnya adalah perempuan atau anak-anak – tewas ketika Israel melancarkan serangan udara yang meratakan seluruh lingkungan di Gaza.

Hamas telah meminta warganya untuk tetap tinggal, dan banyak warga di wilayah tersebut yang percaya bahwa tidak ada tempat aman yang bisa mereka datangi.

“Keterikatan terhadap penduduk sipil di Gaza semakin ketat. Bagaimana 1,1 juta orang bisa melintasi zona perang yang padat penduduknya dalam waktu kurang dari 24 jam?” tulis Kepala Bantuan PBB Martin Griffiths di media sosial.

“Meskipun ada ancaman dari pendudukan terhadap penembakan; Keputusan sudah diambil. Kami belum pergi dan tidak akan pergi,” kata organisasi medis Bulan Sabit Merah Palestina dalam sebuah postingan di media sosial. “Petugas medis kami akan menjalankan tugas kemanusiaan mereka. Kami tidak akan membiarkan orang menghadapi kematian sendirian.” (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel