-->

Warga Selandia Baru Lakukan Pemungutan Suara terkait Pemilihan PM


WELLINGTON, LELEMUKU.COM - Warga Selandia Baru akan pergi ke tempat pemungutan suara pada Sabtu 14 Oktober 2023 dalam pemilihan umum yang mungkin akan menyaksikan Perdana Menteri Chris Hipkins melanjutkan pemerintahan Partai Buruh selama tiga tahun lagi, atau beralih ke kubu konservatif yang dipimpin oleh Christopher Luxon.

Krisis ekonomi dan biaya hidup mendominasi kampanye pemilu sembilan bulan setelah mantan perdana menteri Jacinda Ardern tiba-tiba mengundurkan diri.

Pemimpin Partai Buruh Hipkins, 45 tahun, dan pemimpin Partai Nasional Luxon, 53 tahun, berhadapan untuk membentuk parlemen ke-54 negara itu.

Pintu ke tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 9 pagi, meskipun lebih dari satu juta pemilih Selandia Baru telah memberikan suara mereka.

Pembatasan diberlakukan terhadap apa yang dapat diberitakan oleh media berita tentang pemilu tersebut sampai pemungutan suara ditutup pada Sabtu pukul 7 malam. Setelah itu, Komisi Pemilihan Umum diperkirakan akan mulai merilis hasil sementara.

Pemungutan suara khusus, termasuk surat suara dari warga Selandia Baru di luar negeri dan mereka yang memilih di luar daerah pemilihan asal mereka, baru akan dirilis pada 3 November.

Jajak pendapat akhir menunjukkan oposisi utama Partai Nasional yang berhaluan kanan-tengah, yang dipimpin oleh Luxon, unggul tipis atas pengganti Ardern, Hipkins. Namun tampaknya terdapat peningkatan dukungan terhadap Partai Buruh yang berhaluan kiri-tengah menjelang pemungutan suara, menurut Radio NZ.

Selandia Baru beralih ke sistem proporsional anggota campuran pada 1996. Pada pemilu 2023, sebuah partai atau koalisi membutuhkan 61 dari 120 kursi Parlemen – biasanya sekitar 48 persen suara – untuk membentuk pemerintahan. Akan ada pemilihan sela pada November yang akan menambah kursi tambahan.

Artinya, partai-partai kecil sering kali memainkan peran yang berpengaruh dalam menentukan partai besar mana yang akan memerintah.

Pemilihan tersebut berlangsung pada hari yang sama dengan referendum Australia, Voice, untuk mengakui penduduk asli Australia dalam konstitusi dan membentuk badan permanen yang memungkinkan mereka berbicara langsung dengan pemerintah.

Di Selandia Baru, diperkirakan tidak ada partai yang akan memenangkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan secara langsung, yang berarti partai nasionalis NZ First dan pemimpinnya Winston Peters berpotensi menjadi raja dalam pemerintahan koalisi.

Koalisi adalah hal yang lumrah dalam sistem proporsional anggota campuran di Selandia Baru, yang diperkenalkan pada 1996.

Satu-satunya partai yang memenangkan mayoritas suara dan memerintah sendiri dalam sistem politik saat ini adalah Partai Buruh pada 2020, ketika Ardern memenangkan masa jabatan keduanya dengan telak berkat keberhasilannya menangani wabah virus corona di negara tersebut.

Namun, Ardern mengumumkan pengunduran dirinya yang mengejutkan pada Januari. Ia mengatakan bahwa tidak lagi memiliki cukup bahan bakar untuk mengikuti pemilu, dan menyerahkan kendali partainya kepada Hipkins.

Sebagai ikon global yang progresif, masa kekuasaan Ardern ditentukan oleh berbagai krisis, termasuk serangan teroris di Christchurch, ledakan gunung berapi yang mematikan, dan pandemi global.

Di luar negeri, ia menjadi terkenal karena menjadi pemimpin yang tidak takut menunjukkan empati dan kasih sayang pada saat para demagog populis mulai menonjol di banyak negara demokrasi barat lainnya.

Christopher Luxon, Pemimpin Partai Nasional, berbicara pada peluncuran kampanye pemilu Partai Nasional Selandia Baru di Auckland, Selandia Baru, 3 September 2023. REUTERS/David Rowland

Namun di negaranya, popularitasnya merosot di tengah meningkatnya biaya hidup, kekurangan perumahan, dan kekhawatiran ekonomi. Dan dia menghadapi protes anti-lockdown yang penuh kekerasan di ibu kota Wellington, dengan ancaman yang ditujukan terhadapnya.

Hipkins mewarisi masalah-masalah ini yang diperparah oleh perekonomian yang lesu, tingkat inflasi yang tinggi secara historis sebesar 6 persen dan defisit neraca keuangan yang mengkhawatirkan lembaga pemeringkat.

Sophia Ha, yang berasal dari Auckland namun telah tinggal di Sydney selama lima tahun terakhir, adalah pendukung setia Ardern namun kini tidak yakin siapa yang akan dipilihnya.

“(Dia) adalah representasi yang luar biasa bagi perempuan muda di dunia politik,” kata Ha kepada CNN. “Saya pikir dia meninggalkan kekosongan besar yang sulit untuk diisi, tapi menurut saya Selandia Baru, secara ekonomi, benar-benar membutuhkan bantuan.”

Alex Wareham, seorang bartender dari Auckland, mengatakan dia ingin melihat pemerintah berikutnya mengambil tindakan nyata terhadap krisis iklim dan memperbaiki kenaikan biaya hidup, namun dia merasa ada perbedaan pendapat dalam isu ini.

“Beberapa pihak lebih bersedia menanggung biaya hidup, kejahatan, memperbaiki perekonomian setelah Covid, dan pihak-pihak lain menanggapi krisis iklim dengan lebih serius. Namun saya pikir perubahan iklim akan menjadi penyebab utama pemilu ini. Tampaknya ini lebih seperti pemilihan pajak, lebih banyak perbincangan tentang uang,” katanya. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel