-->

Ridwan Rumasukun Minta Semua Pihak Harus Berperan Aktif Cegah Korupsi


JAYAPURA, LELEMUKU.COM - Penjabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun meminta seluruh instansi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, swasta dan masyarakat umum di Bumi Cenderawasih, wajib berperan aktif dalam upaya mencegah praktik korupsi. 

Dengan demikian, semua pihak diminta berkomitmen meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam upaya mengatasi korupsi di masing-masing sektornya.

“Saya menekankan pentingnya transparansi akuntabilitas dan partisipasi publik dalam seluruh langkah pencegahan korupsi di semua sektor”. 

“Apalagi setiap langkah yang diambil oleh pemerintah adalah untuk kesejahteraan masyarakat dan bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok tertentu,” ucap Gubernur Ridwan Rumasukun pada Rapat Koordinasi (Rakor) Akselerasi Pencegahan Korupsi di Jayapura, Kamis (7/9/2023). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Gubernur Papua dan dihadiri pejabat eksekutif dan legislatif se-Papua. 

Masih menurut Ridwan, program pencegahan korupsi KPK di wilayah Papua telah dilaksanakan sejak tahun 2016. Namun, nilai capaian pencegahan korupsi belum maksimal sehingga perlu melakukan percepatan dalam upaya pencegahan korupsi wilayah Papua.

Oleh karenanya, ia mengajak seluruh pihak untuk membangun budaya intoleransi terhadap praktik korupsi. Selain itu, mendukung upaya-upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan lembaga penegak hukum.

“Rakor ini bukan kegiatan seremonial biasa, tapi akan melakukan penandatangan pakta integritas pengesahan RAPBD 2024. Selain itu, komitmen bersama pencegahan korupsi dalam perencanaan dan penganggaran APBD antara pejabat eksekutif dan pejabat legislatif se-Papua,” ujar Ridwan. 

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi dipastikan melakukan monitoring area intervensi tahun 2023 pada seluruh wilayah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di tanah Papua. Monitoring tersebut untuk melihat capaian serta kendala dalam upaya pencegahan korupsi.

“Sehingga saya harap kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman serta komitmen kita semua dalam pencegahan korupsi pada bidang tugas masing-masing. Di samping itu berdampak pada peningkatan kualitas tata kelola pemerintah,” tandas dia.(DiskominfPapua)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel