-->

Para Menlu Sodorkan Concord IV ASEAN kepada Kepala Negara


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Para menteri luar negeri perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara pada Senin, 4 September 2023, mengesahkan ASEAN Concord IV yang akan diadopsi pada konferensi tingkat tinggi di Jakarta pekan ini.

ASEAN Concord IV merupakan inisiatif yang dibuat Indonesia. Ini akan menjadi landasan Visi Komunitas ASEAN 2045, memperkuat lembaga untuk mengatasi berbagai tantangan masa depan.

“Tantangan yang kita hadapi di tahun-tahun mendatang akan lebih besar lagi,” ujar Menlu RI Retno Marsudi saat memimpin pertemuan menteri di Sekretariat ASEAN.

Menteri Retno menyebut, untuk terus maju dan tetap relevan, ASEAN harus bersedia mengambil keputusan yang berani. Perbedaan antaranggota tidak boleh menghalangi kemajuan ASEAN.

KTT ASEAN ke-43 yang digelar 5-7 September 2023, akan menyepakati mengenai percepatan proses pengambilan keputusan pada saat krisis dan penguatan kapasitas ASEAN dalam menanggapi tantangan yang muncul.

Dalam pertemuan ini, negara-negara anggota ASEAN menyampaikan apresiasinya atas kerja gugus tugas inisiatif ini. Mereka juga sepakat untuk mendukung prinsip-prinsip dokumen Visi Komunitas ASEAN 2045.

Perumusan Visi Komunitas ASEAN 2045 telah dimulai pada 2023 di bawah Satuan Tugas Tingkat Tinggi (HLTF) Visi Komunitas ASEAN 2045, yang diketuai bersama oleh Indonesia dan Malaysia. Visi ini akan diadopsi secara resmi pada 2025. (Daniel Fajri|Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel