-->

Lestarikan Olahraga Tradisional, Dispora Ambon Gelar Festival


AMBON, LELEMUKU.COM - Bertujuan melestarikan olahraga tradisional, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ambon, menggelar Festival Olahraga tersebut,  Jumat (1/9/23) di Lapangan Merdeka.

Kegiatan jelang HUT ke – 448 Kota Ambon tersebut dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Agus Ririmasse, serta turut dihadiri oleh Pj. Ketua TP – PKK, Lisa Wattimena, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Hane Ririmasse.

Sekkot Ririmasse, dalam sambutannya mengatakan olahraga tradisional tercipta dari permainan rakyat sebagai pengisi waktu luang, dan merupakan salah satu peninggalan budaya nenek moyang yang memiliki kemurnian dan corak tradisi setempat.

“Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, maka kekayaan budaya tradisional  semakin lama semakin tenggelam. Ini merupakan suatu keprihatinan bagi kita smua jika tidak dilestarikan maka lambat laun budaya Tradisional akan semakin tenggelam dan punah,” katanya.

Berkaca dari hal tersebut, lanjutnya, maka upaya membangkitkan kembali semangat untuk mencintai dan menjaga kelestarian olahraga tradisional ini dilakukan melalui perlombaan yang akan diikuti oleh peserta dari Negeri/Desa, Kelurahan, Kecamatan, serta OPD di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Dengan Festival Olahraga Tradisional ini maka semangat kekeluargaan, hubungan basudara akan semakin terjaga dan kenyamanan dalam kota Ambon ini akan tercipta semakin baik,” ujarnya.

Sekkot berharap festival ini nantinya akan menjadi agenda tetap yang rutin dilaksanakan oleh OPD yang membidanginya.

Untuk diketahui, Jenis olahraga tradisional yang dilombakan diantaranya, Engrang, Tarompah Panjang, Hadang atau Assen, Hela Rotan, dan Lari Karung. (DiskominfoAmbon)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel