-->

Jokowi Tunjuk Nana Sudjana Sebagai Pj Jawa Tengah Gantikan Ganjar Pranowo


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Nana Sudjana sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah. Posisi baru Nana ini menggantikan Ganjar Pranowo yang bakal memasuki masa pensiun pada 5 September 2023 mendatang.

Penunjukan Nana oleh Jokowi itu disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin, saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat, 1 September 2023.

Sinyal mengenai keputusan Pj Gubernur sebelumnya juga sudah disampaikan Jokowi pada Rabu, 30 Agustus 2023 lalu. Saat itu Jokowi menyebut bakal menentukan nama Pj Gubernur, termasuk Pj Gubernur Jateng, pada pekan ini.

"Nanti lewat mekanisme TPA, paling lambat minggu ini mungkin sudah masuk ke meja saya. Kalau ditanya siapa belum tahu saya," kata Jokowi di SMKN Jateng, Jalan Brotojoyo, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 30 Agustus 2023.

Keputusan nama-nama pj gubernur, kata Ngabalin, diambil dalam sidang Tim Penilai Akhir (TPA) untuk menggantikan para gubernur yang habis masa jabatannya.

"Para pj gubernur akan dilantik dalam waktu dekat oleh menteri dalam negeri atas nama presiden," ujar Ngabalin.

Ngabalin turut menyampaikan pesan kepada para pj gubernur itu agar betul-betul bisa bekerja dalam waktu yang ada dan menyiapkan tahapan Pemilu serentak dengan baik di masing-masing provinsi

Lantas, siapa sebenarnya Nana Sudjana yang ditunjuk Jokowi sebagai pengganti Ganjar Pranowo? Berikut profilnya.
Profil Nana Sudjana

Berdasarkan catatan Tempo, Nana Sudjana merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Lulus dari Akpol, pria kelahiran Cirebon, Jawa Barat, 26 Maret 1965 itu ditugaskan di Polresta Yogyakarta selama beberapa tahun.

Tahun 2001, dia dipindahtugaskan ke Polres Metro Jakarta Barat. Setelahnya, Nana sempat menjadi Kapolres Probolinggo (2006), Wakapolwiltabes Surabaya (2008), Analis Utama Tk III Badan Intelijen dan Keamanan atau Baintelkam Polri, lalu Kapolresta Surakarta (2010).

Saat Nana menjabat sebagai Kapolrestabes Surakarta, Joko Widodo atau Jokowi yang kini menjadi Presiden RI masih duduk sebagai Wali Kota Solo.

Selanjutnya: Nana juga sempat menjabat sebagai…

Selain itu, Nana juga sempat menjabat sebagai Dirintelkam Polda Jawa Tengah (2011), Analis Utama Tk I Baintelkam Polri (2012), Analis Kebijakan Madya Bidang Ekonomi Baintelkam Polri (2013), dan Dirintelkam Polda Jawa Timur (2014).

Karier Nana melesat cepat. Dia ditunjuk sebagai Wakapolda Jambi pada 2015, lalu Wakapolda Jawa Barat pada 2016, dan tak lama dirotasi sebagai Direktur Politik Baintelkam Polri. Tiga tahun setelahnya tepatnya April 2019, Nana diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak sampai setahun, yakni Januari 2020, dia kembali ditempatkan di Ibu Kota untuk menjabat Kapolda Metro Jaya. Belum setahun menjabat, Nana dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya pada 16 November 2020. Pencopotan itu disebut-sebut karena Nana lalai dalam penegakkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di wilayah yang ditanganinya.

Nana pun dimutasi menjadi Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri. Saat itu, ia menggantikan Gatot Eddy Pramono yang diangkat menjadi Wakapolri. Nama Nana sempat digadang-gadang menjadi calon Kapolri pengganti Idham Azis yang pensiun awal Januari 2021.

Namun, pada akhirnya Presiden Jokowi menunjuk Listyo Sigit Prabowo sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara. Sementara, karier Nana masih terus berlanjut.

Pada Februari 2021, dia ditunjuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara. Delapan bulan setelahnya yakni Oktober 2021, Nana dirotasi sebagai Kapolda Sulawesi Selatan. Ini merupakan jabatan terakhir Nana sebelum diangkat sebagai Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI per 5 April 2023. (Julinis Firmansyah|Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel