-->

Kamala Harrs Hadiri KTT ASEAN di Jakarta


JAKARTA, LELEMUKU.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, pada Rabu (6/9), menyatakan kesiapannya untuk mengikuti KTT ASEAN di Jakarta, seraya menegaskan kembali komitmen abadi Amerika Serikat pada sentralitas Asia Tenggara dan ASEAN.

Memastikan kerja sama AS-ASEAN dan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific yang memberi manfaat luas pada dunia, merupakan salah satu fokus utama Harris dalam pertemuan puncak ini.

Keberhasilan KTT Khusus AS-ASEAN di Washington DC pada tahun lalu telah ikut mendorong pemerintahan Biden-Harris mengajukan permohonan anggaran bagi bantuan ekonomi, pembangunan dan keamanan di wilayah Asia Tenggara senilai US$1,2 miliar kepada Kongres AS; termasuk $90 juta yang akan secara khusus didedikasikan untuk memperkuat lembaga-lembaga ASEAN.

Guna melembagakan dan memperluas kerja sama di masing-masing bidang penting, antara lain di sektor kesehatan, iklim dan lingkungan hidup, energi, transportasi, pemberdayaan perempuan, ekonomi, pertahanan dan luar negeri, Perjanjian Kerja Sama Pembangunan Regional AS-ASEAN telah diperpanjang hingga tahun 2029.

Perjanjian tersebut dan pembentukan US-ASEAN Center di Washington DC, menjadi terobosan untuk memajukan kemitraan strategis komprehensif antar kedua pihak. Sebagian menteri yang ikut dilibatkan dalam dialog bersama ASEAN antara lain adalah Menteri Urusan Kesehatan dan Layanan Manusia Xavier Beccera, Utusan Khusus AS Untuk Perubahan Iklim John Kerry, Menteri Urusan Energi Jennifer Granholm, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Trasnportasi Pete Buttigieg, dan Menteri Pertahanan Llyod Austin.

Juru Bicara Keamanan Nasional Gedung Putih, John Kirby, pekan lalu menegaskan Washington tetap menjadikan kawasan Indo-Pasifik dan ASEAN sebagai mitra strategis dan bagian penting dalam kunjungan Harris ke Jakarta.

Wapres Harris, kata Kirby, sangat fokus kepada upaya menjaga keharmonisan hubungan Washington dengan semua negara di kawasan Indo-Pasifik. Hal itu dapat terlihat dari banyaknya negara di Asia yang telah dikunjungi mantan senator negara bagian California itu dibandingkan kunjungan ke benua lainnya.

Meskipun sudah tujuh kali ke benua Asia, lawatan ke Jakarta ini merupakan yang pertama bagi Harris, yang merupakan orang nomor dua di Amerika Serikat.

Selain berbicara di forum KTT AS-ASEAN pada Rabu (6/9) siang, Harris dijadwalkan bertemu dengan Presiden Joko Widodo. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel