-->

Dishub Mimika Rayakan Harhubnas Ke-53 Tahun 2023

Dishub Mimika Rayakan Harhubnas Ke-53 Tahun 2023

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tanggal 17 September yang ke-53 tahun 2023, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menggelar acara syukuran dan ramah tamah, Senin (18/09/2023) di Timika.

Dihadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Dr. Ida Wahyuni, S.STP., M.Dev., didampingi Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Kepala UPBU Agimuga, Kepala UPBU Kokonao, UPP Poumako, Perum Damri, juga tampak hadir pimpinan atau perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda Mimika, mitra insan transportasi, serta staf Dinas Perhubungan.

Dalam sambutan Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, yang dibacakan oleh Kepala Dinas Perhubungan Mimika disampaikan, memperingati Hari Perhubungan Nasional pada 17 September 2023, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengajak seluruh insan transportasi untuk bergerak bersama memajukan transportasi Indonesia.

"Kinerja sektor transportasi harus terus ditingkatkan dalam rangka memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat," ujar Ida, mengutip pernyataan Menteri Perhubungan. 

Sesuai dengan tema besar Harhubnas tahun ini yaitu “Melaju untuk transportasi maju”, artinya insan transportasi harus mampu secara konsisten dan semangat melakukan kerja nyata dalam mewujudkan transformasi dan inovasi,.

Menhub pada sambutannya saat memimpin Upacara Peringatan Harhubnas, di Kantor Pusat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (17/09/2023) menyebutkan, melalui transformasi dan inovasi, akan menciptakan modernisasi di sektor transportasi, yang akan mendorong Indonesia menjadi negara maju.

"Kami terus mendorong pembangunan yang berkelanjutan, ramah lingkungan, serta terus meningkatkan aspek keselamatan dan pelayanan jasa transportasi untuk mendorong seluruh insan transportasi, baik itu Kemenhub selaku regulator, operator transportasi, pemerintah daerah, mitra kerja, serta unsur terkait lainnya," ungkap Ida membacakan sambutan Menhub.

Hal tersebut harus terus dilakukan untuk meningkatkan kerja sama, kolaborasi dan sinergi, demi menciptakan transportasi yang andal, serta efisien dan berdaya saing.

"Kita ingin memastikan infrastruktur transportasi yang sudah dibangun, memiliki manfaat yang optimal serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat banyak,” imbuhnya.

Ia memastikan, Kemenhub terus berkomitmen meningkatkan konektivitas antar wilayah di Indonesia dengan paradigma Indonesia Sentris, yaitu tidak hanya membangun infrastruktur transportasi di wilayah perkotaan, tetapi hingga ke pelosok daerah.

"Pada tahun ini, berbagai sarana dan transportasi strategis telah dioperasikan seperti: LRT Jabodetabek, kereta cepat, sejumlah pelabuhan, serta terminal dan bandara di wilayah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP)," tutur Ida seperti tertulis pada sambutan Menteri Perhubungan.

Dalam rangka memperingati Harhubnas 2023, Kemenhub menyelenggarakan kegiatan dan upacara peringatan Harhubnas yang dilaksanakan serentak di berbagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Kemenhub di seluruh wilayah Indonesia, dihadiri oleh pegawai Kemenhub bersama dengan para operator transportasi, Dinas Perhubungan Provinsi/Kota/Kabupaten, serta mitra kerja di sektor transportasi.

Setelah mengakhiri membacakan sambutan Menhub, Ida Wahyuni menambahkan, "Dengan momentum semangat baru untuk kita terus membangun transportasi di Kabupaten Mimika, ini kali pertama saya bertatap muka kembali dengan bapak ibu setelah kurang lebih setahun saya tidak bertugas di Dinas Perhubungan. Tentunya dinamika-dinamika yang terjadi ini, sebagai ASN bukan kehendak kami untuk memilih bertugas dimana, tetapi sebagai ASN kami siap untuk ditugaskan dimana saja.”

Pada kesempatan tersebut, tak lupa ia mengajak agar dalam memperingati Harhubnas, semua pihak dapat meningkatkan sinergitas dan kolaborasi.

"Hingga akhir Desember ini, ada beberapa kegiatan yang perlu kita lakukan, salah satunya adalah pelayanan umum dari bidang transportasi darat dimana kita mulai membiasakan masyarakat menggunakan bis. Nanti kita akan kolaborasi dengan Damri," tegas Ida.

Menurutnya, Bupati Mimika sudah menandatangani surat kepada Sekretaris Negara bermaksud meminta penjadwalan Presiden RI untuk berkenan meresmikan bandar udara Mozes Kilangin, dan pihaknya sedang mengajukan hal itu.

"Mohon dukungan dan kerja sama agar kita semakin solid untuk memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Mimika," harapnya.

Mengakhiri sambutan, Ida Wahyuni mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dan tetap semangat melaksanakan berbagai kegiatan memperingati Hari Perhubungan Nasional di Mimika.

"Saya mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih pula kepada seluruh mitra insan transportasi, yang telah memberikan kontribusi dalam bentuk sumbangan suka rela maupun berpartisipasi dalam berbagai perlombaan," tutupnya.

Sementara itu, mewakili Ketua Panitia kegiatan, Alex Anser, selaku Wakil Ketua Panitia, dalam laporannya menyatakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dapat memperingati Hari Perhubungan Nasional tahun 2023 di Kabupaten Mimika.

Dalam laporannya, Alex,  menyampaikan tujuan dari berlangsungnya kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan jiwa korsa warga perhubungan, serta mitra kerja jasa transportasi.

"Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk selalu membudayakan peningkatan pelayanan yang lebih baik, serta meningkatkan penghayatan dan pengamanan sektor perhubungan," lanjutnya.

Alex mengatakan, guna menyemarakkan Harhubnas tahun 2023 di Mimika, panitia telah menyelenggarakan berbagai lomba dan pertandingan yakni pertandingan futsal, tenis meja,  badminton, gaplek, tarik tambang, lomba bakiak, lari karung, balap kelereng dan lomba piramida gelas, yang semuanya diikuti oleh pegawai Dishub Mimika serta mitra insan transportasi. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel