-->

Kota Sorong Ikut Rakor Pengendalalian Inflasi


SORONG, LELEMUKU.COM - Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga, A.Pi., MM., yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kota Sorong Fauzi Fattah S.STP bersama Kepala BPS Kota Sorong dan beberapa perwakilan dari OPD-OPD mengikuti Rakor Inflasi secara daring melalui aplikasi zoom meeting. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memimpin langsung rakor pengendalian inflasi yang sebelumnya telah rutin dilaksanakan secara daring oleh Kementerian Dalam Negeri dan diikuti oleh para kepala daerah dan instansi-instansi terkait seluruh Indonesia. Senin (21/8/2023) 

Dalam rakor kali ini Menteri Tito menyoal bagaimana potensi puncak El Nino yang diprediksi akan jatuh bulan September mendatang. "September adalah titik rawan karena diprediksi akan menjadi puncak el nino," himbaunya. 

Selain itu berdasarkan data yang dipaparkan oleh Plt. BPS, Amalia Adininggar Widyasanti bahwa seluruh kota di setiap pulau kecuali pulau Sumatera dan Kalimantan, 
mengalami kenaikan inflasi terhadap bawang putih pada Juli 2023. "Dari 90 kota, ada 53 kota yang mengalami inflasi bawang putih diatas inflasi nasional, 32 kota mengalami inflasi dibawah inflasi nasional, dan 5 kota lainnya mengalami deflasi," paparnya. Ia juga menambahkan jika sepanjang Januari-Juli 2023, bawang putih selalu mengalami kenaikan yang signifikan dan memberikan andil terhadap inflasi umum dengan andil kumulatif sebesar 0,09%.

Menyikapi akan persoalan bawang putih yang mengalami inflasi sepanjang tahun tersebut, maka Mendagri akan melakukan tindakan lebih lanjut untuk menangani permasalahan tersebut. "Untuk masalah bawang putih ini perlu tindakan lebih lanjut, nanti akan kita rapatkan secara intern dengan importir khususnya, apakah stok mereka sudah masuk apa belum sehingga dapat menambah cadangan (bawang putih nasional)," Kata Menteri Tito. (DiskominfoSorong)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel