-->

FBLB 2023 Kembali Hadirkan Noken Terpanjang Rekor MURI

Festival Lembah Baliem 2023 Kembali Hadirkan Noken Terpanjang Rekor MURI

WAMENA, LELEMUKU.COM - Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) ke-31 Tahun 2023 yang digelar di Distrik Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan pada tanggal 7 hinggal 10 Agustsus 2023 mengahadirkan Noken terpanjang  30 meter.

Noken terpanjang tersebut tercatat dengan Nomor Rekor MURI 9098, Rekoris Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya pada pelaksanaan FBLB ke-30 dan menyambut Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia (RI) pada 7 Agustus 2019.

Noken terpanjang yang tak tertandingi itu diketahui telah dirajut oleh 10 perempuan Kampung Waga-Waga dari bahan dasar kulit kayu. Ditampilan oleh para pelajar Jayawijaya sambil membawakan tarian kolosal.

Bupati Jayawijaya John Richard Banua mengucap syukur atas digelarnya kembali ajang bergengsi tahunan yang sudah dimulai sejak tahun 1989 dan sempat terhambat pelaksanaannya karena pandemic Covid-19 di tahun 2020 serta dilaksanakan festival mini pada tahun 2022.

“Peserta memberikan suguhan atraksi budaya yang menarik bagi penonton, sehingga para wisatawan dapat mengenal budaya lembah baliem dan selanjutnya menjadi daya tarik untuk kembali dapat berkunjung pada lain waktu,” kata dia saat pembukaan FBLB ke-31 Tahun 2023 pada Senin, 7 Agustus 2023.

Dalam FBLB menyuguhkan sejumlah atraksi dan tradisi budaya Papua Pegunungan, seperti atraksi perang suku, lomba panahan, lempar tombak, peragaan memasak cara tradisional dengan bakar batu yang disaksikan oleh seluruh masyarakat Jayawijaya dan para turis domestic serta mancanegara.

“Berharap agar para wisatawan dapat membantu mempromosikan keberadaan dan keunikan budaya lembah baliem ke seluruh dunia  agar menjadi daya tarik bagi dunia,” pinta Bupati Banua. (Laura Sobuber)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel