-->

Elsye Penina Rumbekwan Lepas Kontingen Popnas Papua

Elsye Penina Rumbekwan Lepas Kontingen Popnas Papua

JAYAPURA, LELEMUKU.com - Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Elsye Penina Rumbekwan, melepas kontingen Provinsi Papua, yang akan berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI tahun 2023 di Palembang, Sumatera Selatan. 

POPNAS XVI dilaksanakan pada 26 Agustus 2023 sampai dengan 4 September 2023. Pelepasan dilakukan Kamis (24/8/2023), di Hotel Horizon, Kotaraja, Kota Jayapura. 

"POPNAS tahun ini bukanlah yang terakhir dalam perjalanan sejarah POPNAS di indonesia. Untuk itu, kami mengajak semua atlet muda pelajar Papua untuk terus mengasah diri guna mengikuti event-event lain yang menjadi pintu masuk untuk menjadi atlet nasional," terang Elsye.

Masih menurut Elsye, Pemerintah Provinsi Papua sebelumnya telah melakukan pembinaan atlet pada pusat pendidikan dan latihan pelajar (PPLP) sejak tahun 1986 dengan sumber anggaran yang berasal dari anggaran pendapaan dan belanja negara (APBN). Kemudian disusul dengan pembentukan pusat pendidikan dan latihan pelajar daerah (PPLPD) yang dibiayai oleh dana anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Hasil pembinaan pada PPLP/PPLPD ini telah terbukti dengan nyata pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XIII tahun 1993 di jakarta, dimana cabang olahraga sepakbola ketika itu keluar sebagai juara tanpa mengalami kekalahan dan seri sekalipun.

"Sehingga tim Papua dijuluki sebagai "The Dream Team". Dimana 99 persen mayoritas kerangka tim PON cabang olahraga sepakbola saat itu adalah anak-anak kami yang di didik pada PPLP Provinsi Papua," kata ia.

Diketahui, Kontingen Papua dalam event POPNAS tahun 2023 Palembang, turun di 10 cabor dari 22 yang dipertandingkan. Yaitu, Karate, Pencak Silat, Tinju, Angkat Besi, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Basket Putri, Balap Sepeda, Atletik dan Sepak Bola. (KominfoPapua)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel