-->

Bertha Beanal Buka Seminar Pendahuluan Survei Potensi Sumber Daya Air di Mimika

Bertha Beanal Buka Seminar Pendahuluan Survei Potensi Sumber Daya Air di Mimika.

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Air merupakan unsur vital untuk kebutuhan manusia, yang tidak bisa digantikan dengan apapun. Bukan hanya untuk kebutuhan konsumsi, namun juga sebagai penopang aspek kehidupan manusia. 

Kehidupan manusia tidak akan terlepas dari air, sehingga air merupakan aset kehidupan yang harus dijaga dan dikelola dengan baik. 

Untuk itulah Badan Perancanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Mimika melakukan Seminar Pendahuluan Survei Potensi Air Bersih di Kabupaten Mimika. Berlangsung di ruang rapat Bappeda, Kamis (24/08/23). 

Hadir membuka kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM) Bertha Beanal, S.H., M.H., sekaligus membacakan sambutan mewakili Penjabat Bupati Mimika. 

Ia memaparkan, "Seiring dengan meningkatnya jumlah populasi penduduk, maka semakin besar pula kebutuhan akan air bersih. Bukan hanya untuk kehidupan sehari – hari, tetapi juga untuk kegiatan pembangunan, seperti pada sektor industri, perdagangan, pertanian, peternakan, energi, dan lainnya." 

Bertha menekankan agar sumber daya air yang ada, harus digunakan secara optimal, sehingga kebutuhan dan ketersediaan air berlaku seimbang.

"Tentu dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi secara selaras, untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi, guna memenuhi kebutuhan masyarakat atas air," tegasnya.

Berdasarkan penjelasan Undang-Undang (UU) nomor 7 tahun 2004 tentang sumber daya air, yang telah diperbaharui dengan UU nomor 17 tahun 2019, sumber daya air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia. 

"Sejalan dengan pasal 33 ayat 3 UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, yang menyatakan bahwa bumi, air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat, dan untuk memenuhi kebutuhan air penduduk Mimika, maka Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Bappeda melakukan pelaksanaan kegiatan survei potensi sumber daya air," jelas Bertha.

Kondisi sumber daya air di setiap daerah yang berbeda-beda, tergantung dari keadaan alam dan kegiatan masyarakat yang ada di daerah tersebut, perlu dikelola dengan baik.

"Belum efektifnya pengelolaan sumber daya air dan belum dimilikinya informasi tentang sumber daya air di Kabupaten Mimika, merupakan salah satu faktor dasar pelaksanaan kegiatan ini," ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan data dan informasi yang lengkap, baik sebaran lokasi, kapasitas, kualitas, maupun karakteristik hidrologi sumber daya air, terutama di wilayah pesisir Kabupaten Mimika, sehingga dapat menjawab kebutuhan air masyarakat, dan nantinya akan menjadi pedoman pengembangan pembangunan ke depan. 

"Diharapkan pada kesempatan ini, kita semua dapat bekerjasama, untuk dapat memberikan masukan dan tanggapan, menyampaikan kebutuhan di wilayah kita, terutama untuk sumber daya air masyarakat, serta menyediakan kebutuhan data sekunder yang dibutuhkan, agar kita turut berpartisipasi dalam penyusunan kajian potensi sumber daya air Kabupaten Mimika, yang akhirnya akan menjadi pedoman pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air kita ke depan," pesannya. 

Menutup sambutan, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, memakili pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada PT. Celebes Pratama selaku konsultan perencana, atas kehadiran dan kerjasama yang sudah terjalin. 

Hadir dalam kegiatan tersebut  Plh. Kepala Bappeda, Sumitro Hamza, S.T., perwakilan Dinas PUPR dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, serta perwakilan beberapa distrik. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel