-->

Joe Biden Pilih Lisa Franchetti Sebagai Pimpin Angkatan Laut Amerika


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Laksamana Lisa Franchetti memimpin militer Angkatan Laut Amerika Serikat. Presiden Amerika Joe Biden memilih Lisa Franchetti sebagai perempuan pertama yang menerima jabatan itu.

Franchetti pernah bertugas dalam Operasi Angkatan Laut untuk Pengembangan Perang juga Direktur Strategi, Rencana, dan Kebijakan Staf Gabungan. Dia juga memimpin dua gugus tempur kapal induk, dan menjadi Wakil CNO pada September 2022.
Mengenal Lisa Franchetti

Mengutip India Times, saat ini ia menjabat sebagai Wakil Kepala Operasi Angkatan Laut. Lisa memiliki latar belakang sebagai perwira perang dan berpengalaman dalam operasional dan kebijakan.

Sebelum jabatan sekarang, dia Direktur Strategi, Rencana, dan Kebijakan untuk Kepala Staf Gabungan dan sebagai komandan Armada Keenam Amerika. Dia juga pernah menjabat sebagai komandan Pasukan Angkatan Laut Amerika di Korea,  Carrier Strike Group 9, dan Carrier Strike Group 15.

Lisa Franchetti berasal dari Rochester, New York. Merujuk U.S. Department of Defense,  pertama kali ia menerima jabatan melalui Program Korps Pelatihan Perwira Cadangan Angkatan Laut di Northwestern University pada 1985. Dia juga meraih gelar master dalam bidang manajemen organisasi dari University of Phoenix dalam acara Naval War College.

Pengalaman militernya meliputi perwira pembantu dan divisi pertama di USS Shenandoah, navigator dan koordinator jumbo di atas kapal USS Monongahela. Dia perwira operasi di USS Moosbrugger. Ia juga pernah di bidang sistem tempur dan kepala staf di Skuadron Perusak, perwira eksekutif di USS Stout. Ia asisten perwira operasi permukaan di USS George Washington Strike Group.

Dia juga pernah memimpin USS Ross dan Desron-21, dengan memulai tugas di USS John C. Stennis. Dia sempat menjabat sebagai komandan Pacific Partnership 2010, dengan mengawaki USNS Mercy.

Ia pernah menerima penghargaan dua Medali Layanan Terhormat Pertahanan, Medali Layanan Terhormat, lima penghargaan jasa Legiun, lima penghargaan Medali Layanan Berjasa, empat penghargaan Medali Penghargaan Angkatan Laut dan Korps Marinir, dan dua penghargaan Medali Prestasi Angkatan Laut dan Korps Marinir. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel