-->

Anthony Blinken akan Lakukan Kunker ke Indonesia


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Sabtu, 8 Juli 2023, mengkonfirmasi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken akan kunjungan kerja ke Indonesia usai lawatan ke Inggris dan Lituania. Rangkaian kunjungan kerja Blinken itu akan dilakukan pada 9 Juli - 15 Juli 2023.

Menteri Luar Negeri Blinken akan berkunjung ke Jakarta untuk berpartisipasi dalam Pertemuan tahunan Menteri Luar Negeri AS-ASEAN (U.S.-ASEAN Foreign Ministers’ Meeting), Pertemuan Menteri Luar Negeri KTT Asia Timur (East Asia Summit Foreign Ministers’ Meeting), dan Forum Regional ASEAN (ASEAN Regional Forum).

Pada setiap pertemuan, Menteri Luar Negeri Blinken akan menekankan komitmen Amerika Serikat terhadap sentralitas ASEAN dan dukungan untuk Kemitraan Strategis Komprehensif antara ASEAN-AS. Blinken juga akan membahas kerja sama ekonomi, usaha global melawan perubahan iklim, krisis yang sedang berlangsung di Burma, situasi di Laut China Selatan, dan perang Rusia melawan Ukraina.

Rencananya, Blinken juga akan berpartisipasi dalam Dialog Strategis AS-Indonesia yang kedua bersama mitranya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov juga dikonfirmasi akan melawat ke Jakarta pada 13-14 Juli 2023 untuk menghadiri pertemuan ASEAN, konferensi tingkat tinggi Asia Timur, hingga forum keamanan regional. ASEAN dan Rusia telah berkomitmen memperkuat hubungan diplomatik pada Pertemuan Pejabat Tinggi ASEAN-Rusia ke-19 (ARSOM), yang diadakan di kota Siem Reap, Kamboja pada 29 April 2023. Pertemuan tersebut meninjau perkembangan antara ASEAN dan Rusia. Moskow menyatakan komitmennya atas sentralitas ASEAN di Asia-Pasifik yang lebih luas.

Negara-negara di kawasan dicemaskan dengan ketegangan Amerika Serikat dan Cina dalam beberapa isu seperti keamanan, ekonomi, dan politik. Sedangkan Rusia - mitra ‘tanpa batas’ Cina, menjadi sorotan atas invasinya ke Ukraina yang sudah berlangsung sejak Februari 2022. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel