-->

Swedia Pertimbangkan Ubah UU Demi Hentikan Aksi Pembakaran Al-Quran


STOCKHOLM, LELEMUKU.COM -Menteri Kehakiman Swedia Gunnar Strommer pada Kamis, 6 Juli 2023, kalau pihaknya sedang mengevaluasi apakah diperlukan untuk mengubah undang-undang agar bisa menghentikan orang-orang membakar kitab suci al-Quran di muka umum. Sebab kejadian pembakaran al-Quran yang belum lama ini terjadi, telah merusak keamanan Swedia.

Sebelumnya pada akhir pekan lalu, seorang imigran asal Irak di Swedia membakar al-Quran di pekarangan sebuah masjid di Stockholm. Kejadian ini telah menyebabkan kemarahan umat Muslim dunia, juga mendapat kecaman dari Paus Fransiskus. Pihak keamanan Swedia menyebut tindakan seperti ini telah membuat negara tersebut sekarang menjadi kurang aman.

Sejak awal 2023 Kepolisian Swedia telah menolak sejumlah permohonan untuk melakukan unjuk rasa, yang di antaranya meliputi aksi pembakaran al-Quran. Penolakan itu dilakukan dengan alasan keamanan. Akan tetapi, sejumlah pengadilan di Swedia membalikkan keputusaan Kepolisian Swedia tersebut dengan mengatakan tindakan seperti itu dilindungi oleh undang-undang kebebasan berbicara di Swedia.

Pada Kamis, 6 Juli 2023, Strommer mengatakan pihaknya sedang menganalisis situasi dan apakah undang-undang perlu diubah untuk mengizinkan Kepolisian Swedia menolak permintaan-permintaan semacam itu.

“Kami harus bertanya pada diri kami sendiri apakah permintaan (aksi protes) itu baik atau apakah ada alasan untuk mempertimbangkannya. Kita bisa melihat kalau aksi pembakaran al-Quran akhir pekan lalu telah menimbulkan ancaman keamanan terhadap internal kita,” kata Strommer, yang juga menambahkan kalau Swedia saat ini sudah menjadi target serangan.

Insiden pembakaran al-Quran di Swedia juga telah merusak citra negara itu yang sedang mengajukan diri untuk menjadi anggota NATO. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan restu pada lamaran keanggotan Swedia di NATO sebelum negara itu bisa menghentikan aksi pembakaran al-Quran. (Tempo)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel