-->

Yoshimasa Hayashi Sebut Pemimpin Badan Nuklir PBB akan Kunjungi Fukushima


TOKYO, LELEMUKU.COM - Dirjen Badan Energi Atom Internasional (IAEA) akan mengunjungi Jepang pekan depan untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Jepang dan mengunjungi pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi sebelum berlangsungnya pelepasan air olahan limbah radioaktif ke laut.

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi pada Jumat (30/6) mengatakan, “Mulai 4 hingga 7 Juli, Dirjen IAEA Rafael Mariano Grossi akan mengunjungi Jepang sebagai tamu Kementerian Luar Negeri.”

Kunjungan itu dilakukan karena pemerintah Jepang berharap kehadiran dan dukungan pemimpin badan nuklir PBB itu akan membantu menambah kredibilitas bagi rencana yang kontroversial tersebut.

Grossi akan bersantap siang dan melakukan pembicaraan dengan Hayashi pada hari Selasa dan juga akan mengunjungi PLTN Fukushima dalam kunjungan empat hari itu, kata Hayashi.

Operator PLTN itu, TEPCO, telah menuntaskan pembangunan semua fasilitas yang diperlukan bagi rencana pelepasan air limbah radioaktif. Para pejabat regulator Jepang dijadwalkan menyelesaikan inspeksi akhir mereka terhadap fasilitas itu pada hari Jumat.

Jika semua berjalan baik, TEPCO diperkirakan akan menerima izin pelepasan dalam jangka sepekan, menurut Otoritas Regulasi Nuklir. Negara-negara tetangga Jepang, Korea Selatan, China dan beberapa negara Kepulauan Pasifik telah mengemukakan kekhawatiran mengenai masalah keamanan rencana tersebut. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel