-->

IMF Setujui Dana Talangan untuk Pakistan Sebesar $3 Miliar


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Dana Moneter Internasional (IMF) setuju untuk memberikan $3 miliar kepada Pakistan – dana talangan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk menyelamatkan ekonomi negara miskin yang sedang mengalami kesulitan itu.

Perjanjian sembilan bulan itu harus disetujui oleh Dewan Eksekutif IMF, yang diperkirakan akan membuat keputusan akhir pada pertengahan Juli, kata seorang pejabat tinggi IMF, Nathan Porter, dalam sebuah pernyataannya pada Kamis (29/6) malam.

Porter, kepala misi IMF untuk Islamabad, mengatakan ekonomi Pakistan telah menghadapi beberapa guncangan eksternal, termasuk bencana banjir pada 2022 yang menewaskan 1.739 orang, dan menyebabkan kerugian $30 miliar yang berdampak pada jutaan orang Pakistan. Negara itu juga dilanda lonjakan harga komoditas internasional menyusul perang Rusia di Ukraina.

Pejabat IMF itu mengatakan meskipun pihak berwenang berupaya mengurangi impor dan defisit perdagangan, cadangan devisa telah menurun ke tingkat yang sangat rendah dan kondisi likuiditas di sektor listrik dan energi juga tetap akut.

“Mengingat tantangan-tantangan ini, pengaturan baru akan memberikan jangkar kebijakan dan kerangka kerja untuk dukungan keuangan dari mitra-mitra multilateral dan bilateral di masa mendatang,” bunyi pernyataan itu.

Porter mengatakan selama beberapa hari terakhir, pihak berwenang Pakistan telah "mengambil langkah tegas untuk membuat kebijakan lebih sejalan dengan program reformasi ekonomi yang didukung oleh IMF," termasuk Parlemen mengesahkan anggaran yang direvisi.

Paket dana talangan yang disetujui itu lebih besar daripada yang diharapkan Pakistan. Negara itu sedang menunggu pelepasan sisa $2,5 miliar dari paket dana talangan 2019 sebesar $6,5 miliar yang tenggatnya adalah Jumat ini.

Ada banyak ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi setelah Juni, terutama dengan pemerintahan baru yang berkuasa dalam beberapa bulan, kata Mohammad Sohail, ekonom terkemuka dari Topline Securities.

"Sekarang pendanaan sebesar $3 miliar selama sembilan bulan pasti akan membantu memulihkan kepercayaan beberapa investor," kata Sohail.

Kesepakatan antara IMF dan Pakistan tercapai beberapa hari setelah Perdana Menteri Shehbaz Sharif berbicara dengan Kristalina Georgieva, direktur pelaksana IMF, pada Selasa. Keduanya juga bertemu pada 22 Juni di sela-sela pertemuan keuangan global di Paris.

Pada hari Jumat, Sharif mencuit bahwa dana talangan tersebut akan membantu memperkuat cadangan devisa Pakistan, memungkinkan negara mencapai stabilitas ekonomi, dan menempatkan negara di jalur pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel