-->

TK Papua Kasih Gelar Syukuran Kelulusan 38 Siswa

TK Papua Kasih Gelar Syukuran Kelulusan 38 Siswa

JAYAPURA, LELEMUKU.COM – Taman Kanak-Kanak (TK) Papua Kasih di dalam naungan Yayasan Papua Kasih menggelar acara syukuran kelulusan bagi 38 siswa sekolah tersebut dengan tajuk ‘TK Papua Kasih Graduation Class of 2023’ dan Tema ‘Arrows are fired’ atau ‘Panah Ditembakkan’ yang terambil dalam kitab Mazmur pasal 127 dan ayat 4.

Dalam penyampaian Firman Tuhan oleh Gembala Jemaat GBI Pondok Kemuliaan Sentani, Pdt. Frans Billin Wakerkwa, S.Th mengatakan anak-anak diibaratkan seperti anak panah di tangan seorang pahlawan. 

Hal ini menggambarkan bahwa setiap anak memiliki talenta dan karunia yang diberikan oleh Tuhan secara pribadi. Orang tua dan sekolah bertanggung jawab untuk mengembangkan potensi 38 anak-anak lulusan TK Papua Kasih tersebut, sehingga mereka mampu bersaing dalam kehidupan dengan hormat dan untuk kemuliaan Tuhan.

“Setiap anak dilahirkan dengan potensi dan pemberian dari Tuhan yang harus dikembangkan agar mereka dapat menjadi anak-anak yang luar biasa dan melayani Tuhan dengan kapasitas yang diberikan,” kata Wakerkwa pada Kamis, 15 Juni 2023. 

TK Papua Kasih Gelar Syukuran Kelulusan 38 Siswa

Head of School Sekolah Papua Kasih (SPK), Helena, S.Pd mengajak para orang tua bersama guru saling mendukung dengan pentingnya ‘Gentle Parenting’, yaitu pola asuh yang dilakukan dengan pendekatan yang lembut dan penuh kasih sayang dari orang tua kepada anak. Pendekatan lembut, tetapi bukan berarti menjadi lemah. 

Ia mengatakan jika para orang tua yang hidup dengan pola asuh keras belajar secara perlahan-lahan dengan pola gentle parenting, anak-anak akan tahu bahwa orang tua selalu peduli memberikan pemahaman kepada mereka setiap saat.

Ketika anak-anak tersebut dewasa dan berhasil, mereka akan selalu ingat bahwa kesuksesan mereka tidak hanya karena usaha mereka sendiri, tetapi juga karena adanya orang tua dan keluarga yang selalu mendukung. 

“Dulu pendekatan terkadang terlalu keras, dan itulah mengapa sekarang ada undang-undang yang melarang kekerasan dalam rumah tangga, secara khusus kepada anak. Anak-anak perlu dilindungi karena terkadang orang tua menjadi terlalu berlebihan,” sebut Helena.

TK Papua Kasih Gelar Syukuran Kelulusan 38 Siswa

Selanjutnya Kepala Sekolah (Kepsek) TK Papua Kasih, Meilina Tiurani, S.Th menjelaskan prosesi pemberian medali kelulusan yang dipasang langsung oleh orang tua kepada anak dengan tujuan agar anak memahami bahwa orang tua menyayangi mereka. 

Selain itu, para orang tua juga merasa dihargai dan mengetahui bahwa orang tua berhak mengapresiasi prestasi anak. Memberikan medali merupakan bentuk nyata dari apresiasi tersebut, dan hal tersebut sangat bermakna bagi para guru dan membuat orang tua senang.

Tiurani pun mengucapkan rasa syukur karena selama satu tahun, 38 siswa telah melalui proses perkembangan dengan didampingi oleh para orang tua. 

“Medali tersebut menjadi tanda penghargaan atas perjalanan satu tahun anak dalam belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan usianya,” ujarnya. 

Acara yang digelar di Hall SPK dengan alamat Perumahan View Hills Jalan Karsatama Waena, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura diwarnai dengan penampilan tari-tarian dari anak-anak hingga para guru TK. (Oktofina Batlajery) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel