-->

Mimika Siap Tingkatkan Produksi dan Mengoptimalkan Lahan Pertanian

Mimika Siap Tingkatkan Produksi dan Mengoptimalkan Lahan Pertanian

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI tahun 2023 di kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), yang berlangsung sejak Sabtu (10/06/2023) akan berakhir pada Kamis (15/06/2023) 

Kabupaten Mimika sebagai satu-satunya kabupaten yang mewakili Provinsi Papua Tengah di ajang pertemuan nasional petani dan nelayan tersebut mengirim kontingen sebanyak 179 peserta, terdiri dari 1 orang peninjau, 74 orang penyuluh dan pendamping, serta 104 peserta dari petani, nelayan, peternak dan UMKM.

Pada Selasa (13/06/2023) malam WIB, tim peserta Penas XVI asal Mimika dijamu makan malam bersama Staf Ahli Bupati Mimika bidang Ekonomi dan Keuangan, Maria Rettob, S.E., digagas oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultiura dan Perkebunan Mimika, Alice Irene Wanwa, SKM., di Padang.

Pada kesempatan tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, mewakili Plt. Bupati Mimika menyampaikan pesan dan kesan kepada seluruh kontingen Penas asal Mimika.

"Atas nama pemerintah, kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan kekompakan yang baik, sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar," ucap Maria. 

Ia mengatakan, meski ini merupakan Penas pertama yang dihadirinya, Maria merasa bangga karena para petani, nelayan dan peternak sangat antusias mengikuti kegiatan Penas sejak persiapan hingga menjelang berakhir.

Staf Ahli Bupati berharap agar dengan kekompakan dan persatuan yang telah terjalin, ketika sampai di Mimika akan kembali melaksanakan tugas dengan lebih baik. 

"Tetap jaga kesehatan, agar ketika kembali ke Timika dapat berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat," pintanya. 

Maria berpesan, semoga pelaksanaan kegiatan Penas ini dapat berjalan dengan baik di tahun-tahun yang akan datang, sehingga Mimika tetap dikenal di seluruh Indonesia melalui produk unggulan yang ada. 

"Kita datang membawa nama Kabupaten Mimika, bukan nama dinas atau kelompok, sehingga kita harus menjaga nama baik Kabupaten Mimika agar dikenal di seluruh para petani, nelayan, peternak serta penyuluh yang ada di Indonesia," tegasnya.

Maria menambahkan, bisa jadi dulu orang kurang mengenal Mimika. Melalui kegiatan ini, masyarakat se-Indonesia bisa mengenal Mimika lebih baik, dengan potensi alam dan hasil unggulan daerahnya.  

"Sebagai orang Papua, kita harus berbangga hati, khususnya Kabupaten Mimika telah mewakili Provinsi Papua Tengah dan membawa nama baik provinsi di kancah nasional," ungkap Maria. 

Selanjutnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Mimika menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Penas KTNA XVI tahun 2023  asal Mimika. Meskipun diantara peserta ada beberapa orang yang mengalami sakit, namun karena kemurahan Tuhan bisa sembuh dan dapat mengikuti kegiatan. 

"Pelaksanaan kegiatan Penas ini sangat padat, dimana para petani, nelayan, peternak dan UMKM sudah seperti mahasiswa yang banyak menimba ilmu. Namun saya sangat bersyukur karena para peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sangat baik," tutur Alice. 

Ia berharap, di sisa waktu dua hari, para peserta tetap semangat dan menjaga kesehatan masing-masing, sehingga saat kembali ke Timika dalam keadaan sehat.

"Yang terpenting, semua kegiatan yang telah kita ikuti dan pengetahuan yang diperoleh dapat dipraktekkan setibanya di Mimika," harapnya.

Pada pelaksanan Penas KTNA XVII berikutnya di Provinsi Gorontalo tahun 2026, Kabupaten Mimika diharapkan dapat mempersiapkan dengan lebih baik, dimana peserta yang ikut bisa bertambah jumlahnya, baik dari petani, nelayan, peternak, UMKM, serta semua yang terlibat dalam rumpun ekonomi, dapat bersama-sama berpartisipasi untuk mengikuti Penas yang akan datang. 

Alice mengimbau, "Saat kembali ke Mimika, mari kita tingkatkan produksi yang masih kurang. Luas area yang akan kita tanami, akan bertambah lagi. Sesuai arahan Plt. Bupati, tanah yang ada di pinggiran jalan, akan diambil alih oleh pemerintah dan dibersihkan, kemudian akan digunakan sebagai lahan pertanian."

"Dengan tetap saling menjaga kekompakan, saling menghormati dan menghargai, apa yang kita dapat dalam pelaksanaan Penas kali ini, harus kita tingkatkan agar Kabupaten Mimika semakin maju dan masyarakat sejahtera," pungkasnya menutup arahan. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel