-->

Proses Evakuasi Korban SAM Air Terhalang Kabut dan Cuaca Buruk di Elelim

Proses Evakuasi Pesawat SAM Air Terhalang Kabut dan Cuaca Buruk di Elelim

WAMENA, LELEMUKU.COM - Kepala SAR Jayapura, Provinsi Papua, Sunarto menyampaikan proses evakuasi pesawat PK-SMW yang dinyatakan hilang kontak di koordinat 4°02'46.32"S 139°21'28.20"E pada pukul 11.00 WIT (23/6/2023) terhalang kabut dan cuaca buruk.

Menurutnya Basarnas Jayapura menurunkan 9 personil bergerak ke wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan  untuk melakukan proses evakuasi pada Sabtu, 24 Juni 2023 yang dipimpin langsung oleh Kasiops, Marinus Ohoirat pada pukul 09.00 WIT.

Dilanjutkan, pukul 10.26 WIT Pesawat Caracal milik TNI AU dari Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah tiba di Bandara Wamena dan segera melaksanakan breafing yang diikuti oleh TNI, Polri, Crew heli dan instansi terkait lainnya. Setelah melaksanakan breafing ditentukan 14 personil yang tim bergerak ke LKP pada pukul 13.15 WIT.

“Setibanya di atas lokasi titik pesawat terhalang oleh kabut dan cuaca buruk. Maka tim balik kanan ke posko pada pukul 14.15 WIT dan akan melanjutkan evakuasi pada esok hari,” ungkap Sunarto. 

Sebelumnya kejadian pesawat hilang kontak terjadi di koordinat 4°02'46.32"S 139°21'28.20"E. Menurut laporan dari Airnaf Sentani, Wilso mengatakan pesawat PK-SMW dengan rute dari Bandara Elelim di Kabupaten Yalimo menuju Bandara Poik di Kabupaten Ilaga menghilang kontak pada pukul 11.00 WIT (23/6/2023). 

“Pesawat ini memiliki 6 orang di dalamnya, terdiri dari 2 awak dan 4 penumpang,” kata Wilso.

Setelah menerima laporan, tim dari Pos SAR Wamena dan Potensi SAR segera melakukan pencarian. Pada pukul 15.15 WIT, mereka menggunakan helikopter Intan untuk melakukan pencarian udara. 

Dalam upaya pencarian, tim berhasil menemukan puing-puing pesawat yang mengeluarkan asap. Namun, karena kondisi cuaca dan situasi lapangan yang sulit, Kasiops, Kepala Pencarian dan Pertolongan Jayapura, Marinus Ohoirat akan berkoordinasi dengan Lanud Silas Papare untuk menggunakan helikopter dari Auri dalam upaya evakuasi yang direncanakan besok pada Sabtu, 24 Juni 2023. (Humas Sar Jayapura) 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel