-->

Wakil PM Inggris Oliver Dowden akan Kunjungi Indonesia


LONDON, LELEMUKU.COM - Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden akan mengunjungi Indonesia mulai Minggu besok, 25 Juni 2023. Dia dijadwalkan bertemu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membahas potensi kolaborasi dalam ketahanan ekonomi, bahan-bahan mineral kritis dan kemajuan MoU kerjasama Investasi Inggris-Indonesia yang ditandatangani tahun lalu.

Dowden juga akan bertemu dengan Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN Michael Tene untuk menyoroti dukungan Inggris dalam Keketuaan Indonesia di ASEAN dan membahas bagaimana Inggris akan memenuhi komitmennya berdasarkan perjanjian Mitra Dialog ASEAN, demikian siaran pers Kedutaan Inggris di Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023.

Selain itu, ia juga akan bertemu dengan Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Letnan Jenderal (Purn.)  Hinsa Siburian untuk menindaklanjuti Dialog Keamanan Siber Inggris - Indonesia yang berlangsung di London pada Maret 2023, menandatangani MoU tentang Kerjasama Keamanan Siber Inggris-Indonesia, dan meluncurkan program pembangunan kapasitas siber yang didanai Inggris untuk Indonesia.

“Ada potensi yang sangat besar untuk memperkuat hubungan Inggris dengan Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Perdagangan dan investasi bersama kami telah meningkat hampir sepertiga tahun lalu dan seiring dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun ini, Inggris sebagai Mitra Dialog ASEAN yang baru, akan mendukung Indo-Pasifik sebagai kawasan yang bebas dan terbuka," katanya.

Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Matthew Downing mengatakan, kunjungan Dowden menegaskan kembali komitmen Inggris dalam memajukan kerjasama dengan Indonesia dan ASEAN.

Duta Besar Inggris untuk ASEAN Sarah Tiffin mengatakan, sebagai mitra dialog terbaru ASEAN, Inggris berkomitmen untuk memperdalam hubungan jangka panjang dan menyampaikan Rencana Aksi ASEAN-Inggris yang komprehensif mencakup penerapan ASEAN sebagai sentral dan penguatan kerja sama dalam mengatasi tantangan regional dan global

"Kunjungan Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden menunjukkan komitmen jangka panjang Inggris untuk ASEAN dan ambisi kami untuk berkontribusi pada perdamaian, kemakmuran dan pembangunan di kawasan,” katanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel