-->

Plt Bupati Bogor dapat Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Jokowi


BOGOR, LELEMUKU.COM - Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan meraih penghargaan Satyalencana Wira Karya 2023 dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasinya di bidang pertanian melalui program Gerakan Beli Beras Petani Bogor.

Tanda kehormatan disematkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Pekan Nasional Kelompok Tani dan Nelayan Andalan XVI di Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 10 Juni 2023.

“Program ini diharapkan dapat membantu nilai tambah yang didapat petani lebih besar, dengan target pasar yang telah terukur dan keberlanjutan tetap terjamin,” kata Iwan Setiawan, melalui keterangan tertulisnya. Ahad, 11 Juni 2023.

Piagam penghargaan menyebut Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan berjasa dalam meningkatkan penyerapan produksi beras melalui program beli beras dari petani lokal Kabupaten Bogor oleh ASN, bekerja sama dengan Perumda Pasar Tohaga, dan 22 gabungan kelompok tani (Gapoktan) sehingga dapat menjaga kestabilan harga dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Iwan Setiawan mengatakan program beli beras ke petani ini telah dipatenkan dalam Peraturan Bupati Bogor Nomor 9 Tahun 2019. Dalam aturan tersebut, ASN di lingkungan Pemkab Bogor diwajibkan membeli beras petani Kabupaten Bogor yang dinamai Beras Carita Makmur. Tujuannya untuk menjamin ketersediaan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

Iwan menyebut pada 2020, realisasi program ini mencapai 847,5 ton dan jumlahnya terus meningkat setiap tahunnya. Di 2021, realisasinya mencapai 829,1 ton, tahun 2022 mencapai 845,2 ton dan di tahun 2023 ini ditargetkan mencapai 1050 ton.  

“Selain program itu, berbagai upaya dilakukan untuk mendorong kemajuan pertanian di Kabupaten Bogor. Di antaranya dengan menyalurkan bantuan alat-alat pertanian, bantuan benih atau bibit, hingga asuransi petani untuk melindungi petani jika terjadi gagal panen,” kata Iwan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel