-->

Mimika Jadi Kabupaten Perwakilan Papua Tengah di Penas KTNA XVI Padang 2023

Mimika Satu-Satunya Kabupaten Perwakilan Papua Tengah di Penas KTNA XVI Padang 2023

TIMIKA, LELEMUKU.COM - Pembukaan Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) XVI tahun 2023 di kota Padang, Sumatera Barat, dihadiri oleh Plt. Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos., M.M., Sabtu (10/5/23).

Kabupaten Mimika menjadi satu-satunya kabupaten perwakilan Provinsi Papua Tengah yang mengikuti Penas KTNA tahun 2023. 

Dalam ajang pertemuan nasional petani dan nelayan setiap tiga tahunan tersebut, Plt. Bupati Mimika menyampaikan beberapa hal. 

“Yang pertama kami datang ke Penas di Sumatera Barat, secara khusus di Padang ini, mewakili Provinsi Papua Tengah, karena dari delapan kabupaten yang ada di Provinsi Papua Tengah hanya kami yang ikut," tuturnya.

John Rettob mengatakan, kontingen Kabupaten Mimika hadir dengan tim yang cukup lengkap, kurang lebih 200-an orang yang datang untuk mengikuti ajang ini, mulai dari peninjau, pendamping dan peserta. Peserra Penas KTNA dari Kabupaten Mimika diikuti oleh nelayan, petani, peternak dan UMKM.

"Target yang ingin dicapai dalam mengikuti Penas KTNA ini, diharapkan peserta yakni para petani, peternak, nelayan dan UMKM, dapat menambah wawasan untuk memodernisasi segala sesuatu terkait profesi, agar ke depan bisa menjadi petani, nelayan, peternak serta UMKM yang sukses," ujarnya.

Plt. Bupati Mimika menambahkan, "Kita datang dengan membawa produk-produk unggulan Kabupaten Mimika. Seperti contoh, olahan mangrove, kopi. Juga hasil perikanan, ada kepiting, ikan, udang, ternak, yang kemudian kita kemas dalam bentuk makanan, dan akan kami jual di sini."

John berharap, melalui pelaksanaan Penas KTNA ini, produk-produk unggulan Kabupaten Mimika bisa laku dan dikenal di Indonesia secara luas.

"Yang berikut, bagaimana kita bisa bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah di kabupaten/kota yang ada di Indonesia. Dan yang paling penting, kita bisa menjual produk dari Kabupaten Mimika, sehingga masyarakat nasional tahu bahwa Kabupaten Mimika ada dan memiliki produk unggulan yang khas," ungkapnya. 

Menurut Plt Bupati Mimika, dampak yang akan diperoleh yaitu pengembangan masyarakat dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Mimika. 

“Pada kesempatan ini saya mengajak, mari seluruh masyarakat Indonesia bisa datang ke Mimika. Mimika adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Tengah yang memiliki produk-produk yang luar biasa, ada ikan yang hanya ada di perairan Mimika, ikan kakap putih, udang galah, udang tiger, kepiting karaka, ada di Mimika, dan sudah menjadi komoditi ekspor ke luar negeri. Kami siap bekerjasama dengan semua pihak untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat Mimika," pesan Plt. Bupati dari stand Kabupaten Mimika pada ajang Penas KTNA XVI tahun 2023 di kota Padang, Sumatera Barat. (Diskominfo Mimika)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel