-->

Joe Biden Sebut Xi Jinping "Diktator" tidak Merusak Hubungan AS dan China


WASHINGTON, LELEMUKU.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Kamis (22/6), mengatakan komentarnya yang menyebut pemimpin China Xi Jinping sebagai "diktator" tidak merusak kemajuan dalam hubungan AS dengan China, dan ia berharap akan bertemu dengan Xi.

Biden mengatakan pernyataan-pernyataannya yang blak-blakan tentang China merupakan hal yang tidak akan banyak berubah.

Pemerintah China pada Kamis pagi melayangkan protes resmi atas pernyataan Biden itu. Pada penggalangan dana kampanye awal pekan ini, Biden menyebut presiden China itu sebagai seorang diktator, menggambarkannya sebagai orang yang tidak tahu apa-apa saat keributan yang terjadi pada musim dingin lalu terkait balon mata-mata, dan menyangkal menghadapi "kesulitan ekonomi yang nyata."

Biden, pada Kamis, juga menekankan kekuatan demokrasi ketika ia menjamu Perdana Menteri India Narendra Modi di Gedung Putih, memuji kolaborasi antara kedua negara dalam “hampir setiap usaha manusia” sambil menekankan bahwa hak asasi manusia universal tetap penting untuk keberhasilan AS dan India.

Dalam konferensi pers pada Kamis, Biden menyebut hubungan antara AS dan India "termasuk yang paling penting di dunia, yang lebih kuat, lebih dekat, dan lebih dinamis daripada kapan pun dalam sejarah."

Dia menekankan bagaimana dua negara demokrasi paling kuat di dunia ini bekerja sama dalam isu-isu seperti iklim, perawatan kesehatan, dan ruang angkasa, dengan mengatakan bahwa hubungan ekonomi AS-India tengah “meningkat”

Tetapi berdiri di samping Modi, yang mendapat kecaman dari para pembela hak asasi manusia, Biden juga menekankan bahwa kebebasan pers, agama, dan fundamental lainnya seharusnya menjadi pusat dari demokrasi kedua negara. (VOA)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel



Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Lelemuku.com selain "" di Grup Telegram Lelemuku.com. Klik link https://t.me/lelemukucom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Lelemuku.com - Cerdaskan Anak Negeri


Iklan Bawah Artikel